Proton Exora

SolusiMobil.com - Selain Geely, PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ESEMKA) juga menyiratkan model Multi Purpose Vehicle (MPV) Proton menjadi incaran ESEMKA untuk di re-branding jadi salah satu mobil penumpang segmen MPV di Tanah Air. Prediksi sementara adalah Exora.


Demikian disampaikan Managing Director ESEMKA, Hosea Sanjaya, di Jakarta. “Kami sudah pelajari salah satu model MPV Proton, seperti Exora. Ya menarik desainnya, luas, cuma kalau target kita mobil penumpang terjangkau, mungkin ada beberapa fitur yang harus kita sesuaikan ketika di rebadge sebagai model MPV ESEMKA.”

Isyarat mengambil salah satu model MPV Proton tersebut, ditengarai untuk melengkapi lineup mobil penumpang ESEMKA, terutama mengambil peluang segmen MPV di pasar domestik yang sangat diminati.

Sementara Geely sendiri sampai saat ini belum memiliki model MPV, dan kemungkinan kebagian alih percontohannya untuk model-model crossover maupun city car. Apalagi, ESEMKA juga memiliki target ekspor ke Malaysia-di mana lebih moncer untuk model city car.

Ketika disinggung bagaimana nasib Proton Holding Bhd di Indonesia, jika ESEMKA merealisasikan niatnya menjual model dari Proton (rebadge) di Tanah Air.

Hosea menjawab, harus ada kesepakatan khusus lagi dengan Proton Holding di Indonesia. “Mereka itu kan (Proton Holding) masih dimiliki Malaysia penuh. Idealnya kan orang-orang kita. Makanya, mereka saat ini kan lagi restrukturisasi total, jadi tunggu saja nanti,” katanya.[Dp/Wa]