Toyota Sienta vs Honda Freed

SolusiMobil.com - Kehadiran Toyota Sienta mengisi pasar MPV-middle di Indonesia, semakin menambah pilihan mobil keluarga lebih beragam. Yang paling merasa terganggu tidak lain Honda Freed, setelah sekian lama nyaman bermain sendiri.

 

Toyota memastikan bahwa Sienta yang dijual di Indonesia adalah generasi kedua setelah yang pertama kali diperkenalkan di Jepang. Tentu Sienta adalah model terbaru, berbeda dari pesaingnya cukup lama belum berbenah diri.

 

Desain

 

Wajah Sienta diakui memiliki desain yang sangat atraktif, namun tidak sedikit yang berkomentar cukup aneh dengan penampilan MPV pintu geser tersebut. Sementara Honda Freed jauh lebih tegas. Garis fascia, dan lampu memiliki sudut-sudut yang jelas.

 

Kemudian bagian sisi samping hingga buritan, sentuhannya selaras mengikuti bagian depan. Sejumlah aksen dan garnish hitam masih mengimbuhi sesukanya. Sayangnya kaca samping paling belakang Sienta nampak tidak menyatu.

 

Interior

 

Melalui dimensi, maka kita bisa menerka tingkat kelapangan kabin dari keduanya. Honda Freed masih terbilang lebih lapang karena memiliki dimensi (panjang 4,215mm, lebar 1,700mm, dan tinggi 1,735mm).

 

Sedangkan Sienta sendiri, memiliki dimensi lebih pendek yakni (panjang 4.100 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.670 mm). Namun, Sienta bisa menawarkan nilai lebih melalui akses masuk ke dalam kabin lebih mudah.

 

Sienta generasi pertama ditawarkan dalam tiga layout interior, yaitu tujuh kursi, enam kursi, atau lima kursi penumpang. Kabarnya, untuk pasar Indonesia akan ada 4 tipe yakni E, G, V dan Q. Sedangkan Freed hanya memiliki tiga tipe saja yaitu A, S dan E.

 

Performa

 

Selanjutnya menakar performa di atas kertas. Sienta kemungkinan akan membawa mesin berkubikasi 1.500 cc dengan bantuan teknologi Dual VVT-i (Variable Valve Timing with intelligent), guna menekan konsumsi bahan bakar berlebih dan ramah lingkungan.

 

Klaim Toyota, daya semburannya mencapai 107 Hp pada 4.800 rpm dan torsi 146 Nm pada 3.600-4.400 rpm yang dihantarkan transmisi otomatis 7-percepatan atau pun manual 6-percepatan.

 

Jika dibandingkan Honda Freed, tenaga Sienta sedikit lebih kecil. Freed mengandalkan mesin 1.500 cc SOHC, i-VTEC + DBW +Torque Boost Resonator, dan dikawinkan transmisi A/T atau manual 5-percepatan. Tenaga dihasilkan hingga 117 Hp pada 6.600 rpm dan torsi 146Nm pada 4800rpm.

 

Meski angka tenaga lebih kecil, namun sensasi tenaga Sienta bisa lebih cepat didapatkan. Ditambah, tingkat kecepatannya lebih banyak sehingga makin halus entakan saat perpindahan kecepatan, karena rasio gear menjadi lebih rapat.

 

Fitur

 

Pada bagian fitur, kedua mobil ini saling bersaing untuk menampilkan yang terbaik. Honda Freed terdapat Electric Power Steerig, Drive By Wire, Active Look-Up System, Dual SRS Airbags dan Pretentioner With Load Limiter Seatbelt.

 

Sienta sendiri memiliki berbagai fiur seperti MID TFT, HU Double din 4.2 inchi touch screen, lampu LED Bi-beam dengan auto levelling ditambah warna interior dark brown dengan dual SRS airbag.

 

Harga

 

Soal harga, Honda Freed sudah nyaman di kisaran Rp 226,5-284,5 juta. Sementara Sienta belum ada harga pasti, namun yang kami dapat dari sumber anonim, kemungkinan berada di kisaran Rp 230-290 jutaan. Kepastiannya kita tunggu di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016, 7-17 April mendatang.[Dp/Wa]