Toyota Sienta

SolusiMobil.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) telah meluncurkan produk terbaru, Toyota Sienta, di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) pada April 2016. Meskipun mobil baru ini telah diluncurkan, hingga saat ini konsumen belum bisa langsung mengendarainya.


Dikutip dari VIVA, hal ini dikarenakan mobil yang bakal mengganjal laju Honda Freed ini menurut Wakil Presiden Direktur Toyota Astra Motor, Henry Tanoto, saat ini masih membuka keran pemesanan.

“Data terakhir yang saya lihat beberapa hari lalu, pemesanan Sienta sudah hampir 2.000 unit dari seluruh Indonesia. Yang paling banyak pemesanan tipe Q sama V,” ujar Henry di kawasan Senayan, Jakarta, Jumat 10 Juni 2016.

Henry menambahkan, jumlah pemesanan model Q dan V jika digabung bisa sebesar 80 persen. Konsumen yang paling banyak memesan 40 persen di antaranya didominasi dari wilayah Jabodetabek.

Sementara itu, menurut Warih Andang Tjahjono, wakil presiden direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Toyota Sienta telah dilakukan proses produksi awal Juni 2016, dan kapasitas produksinya 100 unit per hari. “Produksi dipercepat, sebelum Lebaran ada dan nanti setelah Lebaran ada, Juli delivery,” ujar Warih.

Warih pun menjelaskan, meski Indonesia negara kedua yang memproduksi Sienta setelah Jepang, untuk pasar nasional telah disesuaikan dengan keinginan konsumen di Indonesia.

Demikian juga dengan model prototype yang ditampilkan saat peluncuran di IIMS 2016. Warih tak menampik, Sienta yang akan diberikan kepada konsumen di Indonesia akan mengalami sedikit perubahan dari model prototype.

Sekadar informasi, Sienta menggunakan mesin empat-silinder 1.497cc, DOHC, Dual VVT-i berkode 2NR-FE, yang mampu menghasilkan tenaga 105 horse power dengan torsi 140 Newton meter yang dilengkapi pilihan transmisi otomatis CVT dan manual enam-percepatan.