Konsep Datsun Go-Cross

SolusiMobil.com - Kehadiran Datsun GO versi crossover atau Datsun GO-Cross di Indonesia semakin menguat mengingat Renault Kwid 1.0, saudara kembarnya, diluncurkan di India Juni nanti. Peluncuran mobil itu diperkirakan di kuartal keempat 2016 dengan banderol berkisar Rp 150 jutaan.

 

“Kalau Renault Kwid yang platformnya sama dengan GO-Cross  (dan Datsun Redi-GO) sudah meluncur, tentunya GO Cross tidak lama lagi. Ya kemungkinan di kuartal tiga (di GIIAS 2016) atau empat,” tutur sumber di Nissan yang dikutip dari Dapurpacu.

 

Dia menyebut soal harga memang masih  belum final, tetapi diperkirakan di kisaran Rp 150 jutaan.  “Tren pasar di kita (Indonesia) saat ini mengarah ke crossover dan SUV. Selain itu segmen LCGC-nya juga terus bertumbuh,” kata sumber yang tak mau disebut namanya itu.

 

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memperlihatkan kinerja penjualan mobil LCGC yang disuguhkan lima merek yakni Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Datsun Go dan GO+ Panca, Honda Brio, serta Suzuki Karimun Wagon R cukup moncer. Sepanjang tahun 2015 penjualan mobil murah itu mencapai 57.646 unit.

 

Dari jumlah itu LCGC Datsun membukukan penjualan sebanyak 29.358 unit. Jumlah ini terdiri dari Datsun GO+ sebanyak 19.896 unit, dan Datsun GO 9.462 unit.

 

“Artinya, peminat LCGC itu banyak dan terus tumbuh seiring dengan bertambahnya kelompok kelas menengah baru di Indonesia. Tapi mobil ini nantinya tak masuk ke area mobil LCGC lagi, kenapa? ya karena harganya sudah bukan kategori LCGC lagi (karena LCGC ambang batasnya Rp 120 jutaan),” kata sumber tersebut.

 

Adapun Renault Kwid yang menggunakan platform sama dengan Datsun GO-Cross akan diluncurkan di India Juni mendatang, namun mulai dijual beberapa bulan setelahnya. Media setempat melaporkan, mobil itu dibekali mesin bensin 1.0 liter tiga silinder.

 

Hanya, hingga kini informasi rincian spesifikasi masih belum dipaparkan. “Renault Kwid 1.0 transmisi manual pada Juni nanti, dan AMT (transmisi otomatis) setelahnya,” kata Chief Executive Officer Renault India, Sumit Sawhney.

 

Datsun Go Cross pertama kali dipamerkan di Kantor Pusat Nissan Global, di Yokohama, Jepang, Oktober tahun 2015. Setelah itu, pada Februari lalu, mobil ini diboyong ke India untuk dipamerkan di gelaran Auto Expo 2016.

 

Untuk Indonesia, kemungkinanan besar mesin yang digunakan 1.200 cc tiga silinder. Artinya berbeda dengan crossover Renault Kwid atau Datsun Redi-GO yang dijajakan di India. [Car/Wa]