Bus tingkat karoseri New Armada

SolusiMobil.com - Pameran International Trade Exhibition for Auto Parts Accessories and Vehicle Equip (INAPA) 2016 kembali digelar di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta. Sebanyak 1.100 perusahaan dari 25 negara turut andil dalam acara pameran tersebut. Banyak produk-produk menarik yang bisa kita lihat di acara tersebut.

 

Dari sekian banyak produk yang dipamerkan, ada satu bus bertingkat yang menarik perhatian, karena memiliki label TransJakarta. PT Mekar Armada Jaya atau yang lebih dikenal dengan New Armada, mengakui, bila bus tingkat itu pesanan TransJakarta.

 

"Iya, ini bus TransJakarta yang disumbangkan oleh Agung Sedayu Grup dan SCBD. Saat ini masih belum beroperasi. Kami bawa bus ini sebagai wujud perkenalan kepada masyarakat, kalau nantinya akan ada bus TransJakarta tingkat," kata Marketing PT Mekar Armada Jaya, Danang, Kamis 31 Maret 2016.

 

Saat disinggung mengenai kapan bus itu beroperasi, Danang mengatakan, tergantung kebijakan Pemprov Jakarta.

 

"Saya enggak tahu soal yang itu. Semuanya tergantung dari Pemprov Jakarta. Total busnya itu ada delapan unit yang disumbangkan, empat dari Agung Sedayu dan empat dari SCBD," katanya.

 

Mengenai biaya yang dibutuhkan untuk karoseri bus tersebut, Danang mengatakan, satu bus bertingkat menghabiskan dana Rp1,25 milliar, tidak termasuk mesin.

 

"Harga untuk sasis saya kurang tahu. Saya cuma tahu karoseri saja, karena kita hanya menyediakan karoseri. Untuk sasisnya itu menggunakan Mercedes-Benz OC 500 RF-2542," katanya.

 

Meskipun akan digunakan sebagai bus TransJakarta, Danang memastikan, bus ini juga dapat dipesan untuk keperluan umum. “Ini bisa dipesan secara umum, dan dibuat sesuai kebutuhan konsumen," ujarnya.

 

Di bus tingkat itu, total ada 59 tempat duduk, ditambah dua tempat duduk untuk penyandang cacat. Sedangkan yang berdiri hanya di lantai bawah saja, ada 16 pegangan tangan. [Vv/Wa]