BMW X1 2016

SolusiMobil.com - All New BMW X1 yang baru diluncurkan BMW Group Indonesia, Rabu (11/5), merupakan salah satu produk BMW yang dirakit secara lokal. Proses pemasangan dilakukan oleh PT Gaya Motor, anak usaha Astra International yang memiliki pabrik di Sunter, Jakarta Utara.


Seperti diberitakan Dapurpacu, Karen Lim, President Director BMW Group Indonesia mengatakan, perakitan All New BMW X1 dari pabrik PT Gaya Motor membuktikan komitmen BMW berbisnis di Indonesia. Di mana sebelumnya, X1 generasi lama juga telah dirakit lokal.

“Kini ada lima model BMW yang dirakit lokal, mulai sedan BMW Seri 3, Seri 5, dan SAV BMW X3, X5 dan X1. Tapi, mobil yang dirakit di Indonesia ini hanya dipasarkan di Indonesia, tidak untuk ekspor,” katanya.

Sama seperti model lain yang dirakit di Sunter, All New BMW X1 datang dalam bentuk Semi Knock Down (SKD). Seluruh komponen yang datang sudah terbentuk, dan hanya tinggal dipasang ke tiap bagian.

“Bodi kita datangkan dari Amerika Serikat itu sudah dalam keadaan di cat semua. Mesin dan kelistrikan dari Jerman. Jadi secara kualitas sama seperti standar global,” kata Eko Priyanto, Process Leader PT Gaya Motor BMW.

Sedangkan lokal konten atau suku cadang asli yang dibuat oleh perusahaan lokal hanya kursi atau jok mobil. “Mereka (BMW AG) punya local partner di Indonesia, jok-nya dibuat oleh perusahaan Gsit,” ucap Eko.[Gls/Wa]