Toyota Sienta

SolusiMobil.com – PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) lebih memilih diam ketika diajak berbicara soal peruntukan mesin R-NR yang diproduksi di Karawang Plant III. Meskipun secara spesifikasi mesin ini sangat pas jika dipakai oleh Sienta yang diperkirakan akan meluncur April mendatang di IIMS 2016.

 

Selain Sienta, mesin yang tersedia dalam dua pilihan kubikasi 1.3 liter dan 1.5 liter ini juga sesuai untuk Etios, dan Yaris 2016 yang sudah meluncur di Jepang. Namun melihat tinggi mesin, nampaknya sulit jika dimasukkan ke Yaris. Sementara Etios ramai dikabarkan bakal disuntik mati.

 

Dikutip dari Dapurpacu, Masahiro Nonami, President Director TMMIN menutup keran informasi kemungkinan model mana yang akan memakai mesin R-NR. Pria asli Jepang ini hanya mengatakan, mesin baru tersebut akan diproduksi 216.000 unit per tahun, dengan rencana ekspor tahun ini sebanyak 79 ribu unit.

 

“Pastinya untuk new model. Tunggu saja. Untuk ekspor ada lima negara di Asia. Namun, negara mana saja saya tidak bisa bilang. Kalau saya bilang akan ketahuan negara mana saja yang bakal mengalami change model,” katanya saat peresmian Karawang Plant III, Senin (7/3).

 

Mesin R-NR merupakan singkatan dari Renew-NR. Sesuai kode yang tertera, mesin ini pengembangan dari mesin NR-Series yang dipakai di Great New Avanza. Bedanya, jika mesin Avanza besutan PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mesin R-NR dibuat oleh Toyota.

 

Indonesia merupakan negara ketiga yang memproduksi mesin R-NR setelah Jepang dan China. Mesin tersebut akan memiliki tingkat kandungan lokal 80%. Sisanya sekitar 20% diimpor dari Malaysia, Thailand dan Vietnam. Termasuk oil control valve, dan rantai mesin penggerak ke transmisi.

 

Yui Hastoro Direktur Teknikal TMMIN menambahkan, perbedaan utama antara mesin R-NR dan NR-Series terletak pada aplikasi penggerak roda. Mesin R-NR untuk penggerak roda depan, sedangkan mesin NR-Series untuk penggerak roda belakang.

 

Bobot mesin R-NR hanya 87 kg berkat penggunaan alumunium, membuatnya lebih ringan 76 kg dari mesin TR milik Innova dan Fortuner seberat 163 kg. Tenaga yang dihasilkan juga diklaim lebih besar dari mesin NR-Series yang dipakai di Great New Avanza dan Great New Xenia.