Toyota Sienta

SolusiMobil.com - Indonesia ternyata cukup istimewa di mata Toyota dalam memasarkan Toyota Sienta. Bukan hanya sebagai negara kedua setelah Jepang, namun Toyota juga memberikan beberapa keistimewaan pada Sienta untuk pasar Tanah Air.


Toyota memproduksi Sienta untuk Indonesia dengan sejumlah perbedaan khusus bila dibandingkan dengan Sienta di Jepang, atau negara-negara lain. Hal ini dilakukan semata untuk menyesuaikan dengan karakteristik konsumen di Tanah Air. Seperti dilansir Dapurpacu, sienta dipasarkan dengan harga OTR mulai Rp 235 juta sampai Rp 295 juta, yang dirancang agar sesuai dengan gaya hidup aktif kaum urban di Indonesia.

Pertama, yaitu tersedianya dua macam transmisi, manual dan Continous Variable Transmission (CVT). Diungkap oleh Hiroki Sunouchi selaku Peoject Manager of Sienta dari Toyota Motor Corporation, hanya di Indonesia Sienta dapat transmisi manual 6-speed, meski ada juga Brunei Darussalam dengan jumlah jauh lebih sedikit.

Penempatan tuas transmisi pun berbeda, dengan terletak di bagian konsol tengah seperti umumnya mobil-mobil di Indonesia, sementara posisi tuas transmisi Sienta versi Jepang terletak di dashboard dekat setir.

Masih terkait transmisi, untuk opsi CVT di Indonesia juga terdapat fitur Sport Sequential Shiftmatic yang memungkinkan pengemudi berpindah gigi sesuai keinginan hingga 7 percepatan. Sekali lagi, Sienta di Jepang tidak memiliki fitur ini.

Sunouchi yang telah menguji Multi Activity Vehicle (MAV) 7 seater tersebut sejauh ribuan kimometer di Indonesia, juga mengatakan Sienta di Indonesia mendapat ground clearance lebih tinggi 20mm agar sesuai dengan kondisi geografis jalanan di Indonesia.

Hal lain yang eksklusif dari Sienta untuk Indonesia adalah hadirnya sentuhan kesenian batik pada ornamen di dashboard. Bila dilihat dengan seksama, lis berwarna perak di dashboard memiliki kontur bermotif batik.