Toyota Hydrogen Electric Vehicle

SolusiMobil.com - Toyota beserta sejumlah rekan kerjasamanya mengadakan uji coba rantai distribusi hidrogen dengan metode baru yang bertujuan mengurangi hingga 80% emisi CO2.

 

Dalam rangka penelitian untuk menemukan cara membuat hidrogen yang bersih serta memanfaatkannya dalam skala besar, maka Toyota akan mulai mengaplikasikan bahan bakar hidrogen kepada 12 forklift yang akan beroperasi dibeberapa pabrik berbeda. Energi yang berasal dari pembangkit energi bertenaga angin Hama Wing dimanfaatkan dalam proses elektrolisasi hidrogen. Metode ini tersebut menawarkan solusi atas keluhan mengenai eksklusifitas produksi bahan bakar hidrogen layaknya produksi bahan bakar fosil selama ini.
 
wind-2-hydrogen
 
Partner kerja Toyota dalam proyek ini antara lain pemerintah kota Yokohama, Kawasaki, prefektur Kanagawa, Iwatani Corporation, dan Toshiba. Disamping mempelajari cara memproduksi bahan bakar hidrogen, pabrikan Jepang ini juga mendapatkan gambaran bagaimana cara terbaik untuk mentransportasikan serta menyimpannya, demikian dilansir Autoguide.
 
Penilaian mengenai biaya menjadi bagian penting proyek ini. Toyota berharap untuk bisa mendapatkan pengetahuan tentang berapa banyak biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi hidrogen secara massal, serta bagaimana untuk menjadikannya lebih efisien. Perusahaan juga bertujuan memperkenalkan kepada masyarakat energi hidrogen yang aman untuk digunakan. (tm)