Volvo S90 2017

SolusiMobil.com - Volvo menemukan cara untuk mengatasi turbo lag yang merupakan kelemahan utama sistem turbocharger.

 

Turbo merupakan solusi peningkatan tenaga mesin sekaligus penghematan bahan bakar yang telah jamak diaplikasikan pabrikan otomotif jaman sekarang pada kendaraan buatannya. Dengan turbo, kapasitas mesin dapat diperkecil dengan output tenaga malahan dapat lebih besar. Bagaimanapun sistem ini memiliki kekurangan vital yaitu adanya turbo lag, jeda waktu ketika pedal gas diinjak hingga turbo bereaksi.
 
Nah, Volvo mengklaim telah menemukan solusi untuk masalah ini, yaitu dengan mengaplikasikan sebuah metode yang mereka sebut "PowerPulse". Cukup simpel secara teori, yakni dengan menambahkan sebuah kompresor elektrik kecil pada mesin. Kompresor ini akan menyedot udara yang berasal dari intake dan menyimpannya dalam sebuah tanki kecil bertekanan tinggi. Kemudian saat mobil ditingkatkan akselerasinya, maka sebuah pompa akan menyalurkan udara kedalam turbocharger. Udara bertekanan tinggi ini akan membantu memutar turbin, yang akhirnya akan menghilangkan waktu menunggu tendangan turbo, demikian dilansir dari caranddriver.
 
powerpulse-engine
 
Uji coba yang dilakukan pada model S60 terbukti menghasilkan akselerasi yang lebih baik dibanding kebanyakan mobil kompetitor bermesin bensin dengan turbocharger, ujar Volvo. Teknologi ini akan mulai diaplikasikan pada Volvo S90 2017 bermesin diesel. Ya, kelihatannya Volvo telah menemukan sistem turbo untuk turbocharger itu sendiri.(tm)