Robocar Concept

SolusiMobil.com - Sebuah desain mobil balap otonom bertenaga elektrik yang disebut Robocar ditampilkan di dunia maya. Mungkinkah akan menjadi kenyataan?

 

Sejatinya sepanjang sejarah, kompetisi otomotif menghadirkan persaingan antar manusia dengan menunggangi kendaraan sebagai sarananya, namun kini tercetus ide untuk mengeliminasi faktor manusia serta menciptakan kendaraan elektrik otonom untuk berkompetisi adu kencang di sirkuit. Konsep ini dirancang oleh orang yang berada dibalik kompetisi Formula E. Nah, jika Formula E yang tahun ini telah memasuki musim keduanya dapat diselenggarakan, akankah konsep tersebut terealisasi?
 
Desain mobil balap otonom ini diciptakan oleh Daniel Simon, Chief Design Officer Roborace, mantan desainer Bugatti, serta desainer film fiksi-ilmiah Hollywood seperti “Tron: Legacy” dan “Oblivion". Maka tidaklah mengherankan jika garis desain Robocar terlihat familiar, seperti permukaan yang halus, sudut membulat, roda berukuran besar, serta bodi aerodinamis.
 
Simon mengatakan bahwa tujuannya ialah menciptakan kendaraan yang dapat mengambil keuntungan maksimal tanpa adanya pengendara, namun dengan tidak mengorbankan keindahan. Tim racing engineer serta ahli aerodinamika sejak awal telah bekerja keras untuk mewujudkan keseimbangan ini. Adalah penting untuk mewujudkan keseimbangan antara performa dengan keindahan, karena Roborace, yang merupakan nama kompetisi balap Robocar nantinya, harus dapat memberikan unsur hiburan bagi penonton.
 
Rencananya Roborace akan menjadi seri tambahan pada ajang Formula E musim 2016/2017 nanti. Pihak penyelenggara bertujuan untuk mendemonstrasikan kemampuan mengemudi, performa, serta tingkat keamanan sebuah mobil otonom. Apakah kompetisi balap tanpa melibatkan manusia sebagai "joki" akan berlangsung sama serunya? menarik untuk ditunggu.[mt/tm]