Daimler Highway Pilot Connect

SolusiMobil.com - Daimler Trucks mendemonstrasikan teknologi terbaru mereka yang disebut Highway Pilot Connect melalui konvoi truk otonom yang melintasi jalan bebas hambatan A52 autobahn dekat Düsseldorf.

 

Pada dasarnya teknologi ini bekerja dengan menggunakan WiFi agar beberapa truk yang ada dalam formasi konvoi tersebut dapat saling "berkomunikasi". Pihak Daimler mengatakan jika truk berada dalam konvoi dengan kecepatan serta jarak yang teratur, maka keuntungan yang didapat antara lain menghemat konsumsi bahan bakar hingga 7%, berkurangnya ruang yang dibutuhkan di jalan hingga setengahnya, dan bersamaan dengan itu bertambahnya tingkat keamanan lalu lintas.
 
daimler_hpc_2
 
Formasi konvoi truk yang terkoneksi hanya membutuhkan 15m jarak aman antara satu sama lain, dibandingkan 50m jarak aman yang diperlukan jika truk bergerak secara individual. Dalam ujicoba ini Daimler mengklaim bahwa konvoi 3 truk dengan teknologi Highway Pilot Connect hanya memerlukan panjang total 80m berbanding dengan total jarak 150m jika ketiga truk tersebut bergerak secara individual. Jarak yang lebih rapat berarti berkurangnya ruang jalan yang dipakai, juga menurunnya konsumsi bahan bakar serta emisi karena hambatan udara berkurang. Namun keuntungan terpenting sebenarnya adalah meningkatnya keselamatan di jalan, sebab menurut penelitian, waktu yang dibutuhkan manusia untuk bereaksi ketika berada dibelakang kemudi ialah 1,4 detik, sedangkan sistem ini hanya perlu 0,1 detik untuk merespon situasi yang terjadi.
 
daimler_hpc_3
 
Teknologi Highway Pilot Connect merupakan pengembangan dari sistem Highway Pilot yang diperkenalkan pada Juni 2014 lalu melalui program penelitian Mercedes-Benz Future Truck 2025, penambahan kata Connect menandakan bahwa kini antar sesama truk yang telah dilengkapi dengan sistem Highway Pilot dapat "berkomunikasi" berkat penggunaan platform onboard telematics. Sepertinya Daimler berusaha menciptakan truk transformer bukan?.[gcc/tm]