Audi H-Tron Hydrogen Fuel Cell

SolusiMobil.com - Mobil konsep SUV H-tron Quattro pertama kali dipamerkan di Detroit pada Januari lalu dan sekarang ditampilkan kembali diajang Geneva Motor Show 2016. Model ini merupakan versi lain dari E-tron yang merupakan mobil listrik.

 

Setelah beberapa tahun terakhir ide mengenai mobil hidrogen ini mengambang, maka sekarang Volkswagen Group mengambil langkah serius untuk merealisasikannya dan Audi ditunjuk untuk mengembangkan teknologi ini untuk semua merk yang berada dibawah naungan VW. Chief Engineer Audi, Stefan Knirsch, mengatakan bahwa H-tron tidak akan menggunakan powertrain konvensional. Ada 3 opsi yang disediakan nantinya: pure electric, plug-in hybrid atau fuel cell.
 
audi_h_tron_2
 
Lalu kapan mobil hidrogen ini akan diluncurkan? Knirsch menambahkan "Mobil ini akan siap diproduksi dalam waktu dekat, namun kami belum akan meluncurkannya saat ini hingga infrastruktur stasiun pengisian bahan bakar hidrogen tersedia. Stasiun ini sudah ada di California dan Jepang, namun hanya dilokasi itu saja tentunya belum cukup." Kemudian apakah mobil ini nantinya dapat dijual dengan harga yang terjangkau?, untuk sekarang belum, lanjut Knirsch. "Tetapi biaya pembuatannya akan turun dengan signifikan jika telah diproduksi secara massal." Dengan kata lain semakin banyak mobil hidrogen ini diproduksi maka harganya akan semakin murah.
 
audi_h_tron_3
 
Pertanyaan berikut yang mungkin terlintas adalah jika mobil listrik E-tron saja mampu menempuh 480km untuk sekali pengisian daya, apa pentingnya membuat mobil hidrogen?. Analoginya ialah sama dengan mobil berbahan bakar bensin atau solar, mobil hidrogen dapat diisi penuh hanya dengan 3-4 menit dibandingkan dengan pengisian daya listrik yang memerlukan waktu cukup lama. Selain itu bobot kendaraan lebih ringan karena ketiadaan baterai yang menambah beban mobil.
 
Menarik untuk diikuti bagaimana kemajuan teknologi mobil berbahan bakar hidrogen ini. Akankah dapat mengubah masa depan dunia otomotif?(tm)