Mazda CX-4

SolusiMobil.com – Pabrikan mobil saat ini sepertinya begitu mudah untuk menghadirkan SUV atau crossover baru. Sebagai contohnya Honda HR-V lalu BR-V, Toyota punya C-HR baru, Suzuki SX4 S-Cross, Ignis dan Vitara Brezza, sekarang ada lagi dari Mazda. Seperti diberitakan Autonetmagz, keluarga Mazda CX yang sekarang dihuni oleh CX-3, CX-5 dan CX-9 rencananya akan kedatangan anggota baru, yakni Mazda CX-4 yang diklaim merupakan versi produksi dari Mazda Koeru.

 

Foto-foto dari PopSUV ini jelas menampakkan semuanya, untung mereka memotret secara spesifik emblem crossover baru ini. Secara penamaan, jelas dia akan ditempatkan satu level di atas Mazda CX-3, tapi secara desain, kelihatannya mobil ini lebih mirip CX-5 yang diperkecil daripada CX-3 yang diperbesar. Biarpun ditutupi kamuflase, tetap ketahuan kok kalau ini mobil Mazda, dilihat dari ciri khas desainnya.

 

mazda-cx-4-new-2

 

Interior Mazda CX-4 kurang lebih mirip dengan Mazda CX-3, hanya saja yang terpotret di sini belum dilengkapi MZD Connect. Perangkat head unitnya pun dipastikan common parts dengan Mazda 2 tipe V, di mana hanya dapat head unit radio biasa tanpa jog pengatur di belakang tuas transmisi. Kalau Mazda belum berubah filosofi, kami tidak akan mengharapkan ruang belakang yang lega.

 

Mesin? Tidak ada info pasti. Ada yang bilang pakai mesin bensin SkyActiv-G 2.000 cc dan 2.500 cc, tapi ada juga yang bilang pakai mesin diesel SkyActiv-D 1.500 cc dan 2.200 cc. Semua mesinnya meminjam dari saudara-saudaranya, CX-3 dan CX-5. Opsi penggerak dipastikan antara AWD dan FWD, dengan transmisi otomatis 6 percepatan sebagai pilihan tunggal.

 

mazda-cx-4-new-3

 

Diklaim, CX-4 ini spesial dibuat Mazda untuk pasar China, karena jika tak ada hambatan, debut perdananya akan dijadwalkan pada akhir April di Beijing Motor Show tahun ini. Apa Indonesia perlu? Entahlah, kami sendiri bingung, jika ada CX-3 untuk melawan HR-V dan lain-lain serta CX-5 untuk melawan X-Trail, CR-V dkk., Mazda CX-4 mau melawan siapa di sini?