VW GTI Clubsport S

SolusiMobil.com - Volkswagen (VW) kembali hadirkan hardcore-hatch yang akan menjadi incaran para kolektor, yakni GTI Clubsport S yang memiliki performa ganas dan diproduksi terbatas. Kabar baiknya lagi, mobil ini juga diklaim memecahkan rekor di Nurburgring Nordschleife.


Dikutip dari Dapurpacu, GTI Clubsport S dibangun dengan basis mobil balap Golf GTI TCR di ajang balap TCR, mengusung mesin yang ‘secara teknis’ berbasis mesin GTI biasa 2.0 liter turbo dengan output tenaga 306 hp dan torsi 379 Nm.

Dengan transmisi manual menyalurkan luapan mesin ke roda depan, hatchback yang hanya tersedia 400 unit secara global itu mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam 5,8 detik, atau 0,7 detik lebih singkat dari GTI biasa.

Menguatkan aura sporty, VW memangkas bobot GTI Clubsport S menjadi 1359 kg, yang lebih ringan 13 kg dari GTI. Bobot tersebut hasil dari diet dengan memakai hanya dua pintu, membuang kursi belakang untuk dihuni rollbar.

Saat diuji di Nurburgring Nordschleife, GTI Clubsport S mencatat laptime 7:49.21 yang sekaligus menjadi waktu tercepat untuk mobil berpenggerak roda depan (FWD). Fitur Dynamic Chassis Control dan ban Michelin Sport Cup 2 juga berkontribusi dalam meraih hasil ini. [Whr/Wa]