Mesin diesel VW

SolusiMobil.com - Skandal emisi gas buang yang menimpa Volkswagen rupanya belum tuntas. Kabar terakhir, VW di Amerika Serikat telah dipaksa untuk kembali membeli mobil diesel yang telah berada di tangan konsumen.

Dilansir VIVA, Kamis, 21 April 2016, pihak VW bersama pemerintah AS dan perwakilan pengacara konsumen telah menemukan kesepakatan di mana VW diharuskan membeli kembali mobil diesel yang telah jatuh tangan ke konsumen.

Namun dalam kesepakatan itu, juga disediakan opsi bagi para konsumen yang ingin tetap mempertahankan mobil VW. Dengan catatan, masalah skandal emisi harus diselesaikan pihak VW.

Sebagai catatan, VW harus membeli kembali sebanyak 600 ribu unit mobil diesel di Amerika Serikat dan diperkirakan akan membutuhkan dana sebesar US$1 miliar, angka yang tentu sangat besar.

Besarnya dana yang dibutuhkan itu karena VW tak hanya harus membayar harga mobil dengan nominal yang sama saat dibeli konsumen. Mereka juga harus mengganti dana servis yang telah dikeluarkan konsumen.

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Sebenarnya, sejak kasus skandal emisi ini mencuat, VW Indonesia mengaku tak terganggu karena dari beberapa kendaraan diesel yang disinyalir melakukan kecurangan tak dipasarkan di Indonesia.[Tp/Wa]