Volvo FH16-750 tarik kontainer seberat 750 ton

SolusiMobil.com - Truk Volvo FH16-750, dirancang dan diproduksi untuk mengangkut barang dengan berat 325 ton. Namun truk ini juga mampu mengangkut beban seberat 750 ton berkat sistem transmisi baru, yakni New I-Shift Crawler Gears System.


Seperti diberitakan Dapurpacu, Volvo mendemonstrasikan kedahsyatan truknya yang berbekal transmisi baru itu di Port of Gothenburg, salah satu pelabuhan terpenting di Swedia. Sebanyak 40 kontainer  – sebagian ditempatkan di atas sebuah lori dan beberapa lainnya di atas bak truk Volvo –  yang berisi suku cadang diangkut oleh truk tersebut.

Deretan kontainer sepanjang 300 meter tersebut secara perlahan ditarik  oleh truk yang berjalan dengan kecepatan 0,5 km/jam. Pemenang kontes Manusia Terkuat Dunia 1998, Magnus Samuelsson, diberi kehormatan sebagai pengemudi truk itu.

Dengan penuh kecermatan dan kepiawaian, dia memainkan tuas kopling transmisi. Perlahan namun pasti, truk pun bergerak maju, dan akhirnya berhenti setelah menapak jarak 100 meter.

“Beberapa hal  ternyata bisa memunculkan sebuah tantangan dan (bahkan) menjadi jawaban untuk menggantikan keterbatasan fisik seseorang. Saya telah menghadapi banyak tantangan berat selama bertahun-tahun,  tapi tarikan (kontainer seberat 750 ton) ini merupakan tarikan terberat yang pernah saya alami,” tuturnya.

Samuelsson adalah aktor Swedia. Pada tahun 1998 lalu dia memenangi kompetisi manusia terkuat di dunia yang digelar di Maroko. Setelahnya, kiprah pria kelahiran 21 Desember 1969 itu di dunia seni peran semakin terbuka lebar. [Dp/Wa]