Geely-Volvo

SolusiMobil.com - Melihat kesuksesan SAIC-GM-Wuling dengan memperkenalkan Baojun mobil dengan harga terjangkau dan telah membukukan penjualan hingga setengah juta unit (tahun 2015). Manufaktur asal Tiongkok yakni Geely juga tidak mau ketinggalan. Pihaknya sudah mempersiapkan merek anyar dengan memakai arsitektur Volvo.

Dikutip dari Dapurpacu, memanfaatkan Compact Modular Architecture (CMA) platform yang dikembangkan Zhejiang Geely Holding Group dan Volvo. Adapun merek baru tersebut akan ditempatkan di tengah antara Geely dan Volvo.

Strategi yang ditetapkan sudah jelas bahwa Volvo akan tetap menyasar kaum premium, sedangkan Geely akan menggiring konsumen lokal.

Ada kemungkinan proyek merek baru dari Geely tersebut diboyong ke luar daratan China, sama seperti Baojun akan dijahit di Indonesia oleh SAIC-General Motor-Wuling.

Senjata Geely cukup lengkap dan meyakinkan di kawasan Eropa dengan mendirikan China Euro Vehicle Technologi AB, di Swedia dengan kordinasi penelitian dan pengembangan bersama Volvo. [Kch/Wa]