Volvo XC90

SolusiMobil.com - Volvo membuat rencana ambisius memperkenalkan keandalan mobil auto pilot mereka. Mengusung tajuk ‘Drive Me London’, mulai awal 2017 mendatang Volvo menyediakan sejumlah mobil semi-otonom untuk dicoba publik.


Produsen mobil asal Swedia ini mengatakan program Drive Me London akan terus diperluas pada 2018 hingga 100 mobil. Membuatnya sebagai proyek program mengemudi otonom terbesar dan paling luas di Inggris Raya.

Seperti diberitakan Dapurpacu, tujuan proyek ini untuk mengumpulkan informasi sebanyak mungkin guna meningkatkan teknologi mengemudi otonom. Memastikan mobil cocok di segala kondisi mengemudi dunia nyata. Volvo mengatakan proyek ini lebih baik karena menggunakan ‘kondisi yang lebih realistis’.

Sajid Javid, Secretary of State UK for Business, Innovation and Skill mendukung proyek Volvo dan mengatakan mobil dengan sistem mengemudi otonom akan membuat perjalanan lebih cepat, lebih bersih dan aman.

“Autonomous Driving (AD) merepresentasikan lompatan ke depan akan sebuah keselamatan mobil,” ujar Hakan Samuelsson, President and Chief Executive Volvo Cars. “Secepatnya mobil-mobil AD di jalanan, akan lebih baik nyawa terselamatkan.”

Volvo mengklaim, berbagai penelitian menunjukan mobil otonom dapat mengurangi jumlah kecelakaan jalan raya mencapai 30%. Sebab pada dasarnya, teknologi ini dirancang agar dapat menghilangkan mayoritas kecelakaan yang disebabkan oleh kesalahan manusia.

Pengenalan mobil AD tersebut menjanjikan sebuah revolusi jalanan Inggris di empat bidang utama yakni keamanan, mengatasi kemacetan, kadar polusi hingga hemat waktu.  Karena Volvo mentargetkan bahwa tak ada yang terluka atau korban jiwa di mobil Volvo di tahun 2020.[Gls/Wa]