Shreya Sunder Iyer

SolusiMobil.com - TVS Racing secara resmi mengenalkan Shreya Sunder Iyer (24) sebagai pebalap tim yang akan mengikuti kejuaraan Indian National Rally tahun ini. Sosok berparas angun tersebut sekaligus akan menjadi pebalap motor wanita pertama di India dalam kejuaraan balap profesional.


Seperti diberitakan Dapurpacu, Shreya telah menjadi wanita pertama yang memecahkan persoalan gender di kancah balap roda dua di India. Sebelumnya, beberapa wanita yang ingin mengikuti Reli Nasional di India selalu terganjal persoalan kelamin.

“Saya tidak pernah berpikir bahwa sepeda motor punya urusan terhadap gender. Semua motor memiliki dua roda dan setiap orang bisa menaikinya,” kata Shreya, seperti dikutip dari The Hindu.

Shreya yang memulai karir dengan K1000 juga mengatakan bahwa dunia balap tidak harus didominasi kaum Adam. “Sangat banyak wanita yang bisa balapan di sirkuit dan motor kotor (dirt bike). Ini kesempatan untuk memutar balik stereotype dan mengajak lebih banyak wanita untuk bermotor. Kami butuh lebih banyak wanita di olahraga ini,” ujar wanita yang sejak usia 17 tahun sudah memulai bermain motor cross-country dan off-road ini.

Untuk kejuaraan Reli Nasional India Shreya mengaku telah melakukan latihan selama lebih dari sebulan dengan waktu enam jam per hari menggunakan motor TVS Apache RTR 200. Tim TVS Racing pun sangat percaya bahwa Shreya memiliki kapabilitas yang kuat untuk kejuaraan yang akan diikutinya. [GRG/Wa]