TVS Motor

SolusiMobil.com - TVS Motor Company berhasil menerima paten transmisi semi otomatis (SMT) untuk aplikasi sepeda motor. Tidak seperti motor laki konvesional, dengan sistem SMT ini pengendara cukup menekan trombol untuk memindahkan gigi.


Seperti diberitakan Dapurpacu, tombol tersebut nantinya akan diletakkan di stang. TVS memang belum merinci mekanisme kerja SMT dan tombol pengatur perpindahan gigi, namun kemungkinan tombol memiliki tanda ‘+’ untuk penambahan percepatan dan ‘-‘ untuk fungsi sebaliknya.

Pada dasarnya, SMT kreasi TVS ini mirip seperti paddle shift yang terdapat di supercar atau mobil-mobil sport. Perusahaan mengklaim pengendaraan bakal makin nyaman karena tidak butuh kerja kaki ketika memindahkan gigi.

“Sistem perpindahan gigi seperti yang dijelaskan di sini memberikan kemudahan, pengendara tidak harus menerapkan banyak kekuatan atau membuat gerakan kaki,” kata TVS lansir Business Standard.

Selanjutnya, kata TVS, karena tidak adanya kaki yang mengoperasikan tuas perseneling, insiden pelepasan parsial kopling slip dapat dihindari. Hingga akhirnya tidak ada lagi pemborosan bahan bakar yang dihasilkan karena slip kopling.

“Ini dapat memberikan 2-5% dari efisiensi bahan bakar dalam kondisi mengemudi kota seperti sekarang ada keseragaman dalam pemindah gigi,” imbuh produsen sepeda motor terbesar ketiga di India tersebut.

TVS belum merinci kapan dan model apa saja yang bakal dibekali SMT. Rumor santer berhembus, karena lebih fokus pada motor kecil untuk market lokal, maka model pertama SMT bakal menyapa TVS Neo yang dikatakan mirip dalam aplikasi paten SMT.