Toyota Yaris TRD Sportivo 2016

SolusiMobil.com – Di Thailand, Toyota Yaris generasi ketiga mendapatkan peremajaan yang cukup mengejutkan kami, karena Toyota Yaris TRD Sportivo Facelift kini memiliki bahasa desain baru yang sebelumnya di desain seperti sebuah hot-hatch sporty, kini justru berubah menjadi “crossover look”. Sepertinya Toyota Thailand mencoba pendekatan berbeda dibandingkan dengan model sebelumnya.

2016-Toyota-Yaris-TRD-Sportivo-2

Dikutip dari Autonetmagz, sangat mudah untuk menilai Toyota Yaris TRD Sportivo facelift ini memiliki tampilan layaknya sebuah crossover. Pertama, kita menadapatkan body kit “crossover look” dengna paduan warna hitam doff. Body kit ini meliputi side body moulding, side skirt, hingga bumper belakang yang memiliki model baru. Kedua, untuk memberikan kesan crossover, Toyota memberikan tambahan bumper underguard berwarna silver di bagian depan dan belakang.

 

2016-Toyota-Yaris-TRD-Sportivo-3

 

Selain itu, Toyota juga memberikan sepasang roof rail yang tidak lazim digunakan oleh sebuah hatchback dan penggunaan velg baru dengan desain yang mirip seperti milik Subaru XV crossover. Uniknya, meskipun memiliki tampilan ala crossover, Toyota Yaris TRD Sportivo Facelift tidak mengalami penambahan tinggi ground clearance dibandingkan dengan model standar.

 

2016-Toyota-Yaris-TRD-Sportivo-4

 

Masuk ke dalam inteiror, kita akan menemukan interior yang sama, hanya saja mendapatkan paduan kombinasi warna baru. Jika sebelumnya Toyota Yaris TRD Sportivo memiliki aksen berwarna merah pada beberapa detailnya. Kini Toyota menggunakan warna oranye untuk memberikan kesan crossover. Detailing seperti door trim panel dan center console panel juga ikut berubah dari yang sebelumnya menggunakan silver, kini menggunakan warna piano black.

 

2016-Toyota-Yaris-TRD-Sportivo-5

 

Sayangnya fitur yang disematkan di mobil ini tergolong cukup minim, contohnya kita tidak mendapatkan AC digital, steering switch control dan push start/stop engine button. Hal ini disebabkan insentif pajak yang diberikan kepada Toyota Yaris dari Pemerintah, karena mobil ini masuk ke dalam kategori mobil “LCGC” versi Thailand seperti halnya Mitsubishi Mirage. Makanya jangan heran jika Yaris memiliki mesin 1.200 cc saja.

 

2016-Toyota-Yaris-TRD-Sportivo-6

 

Di Thailand, Toyota Yaris dibekali dengan mesin 1.200 cc 3NR-FE 4 silinder dengan Dual VVT-i. Tenaga yang dihasilkan tidak lebih besar dari seeor Avanza, hanya 86 PS di putaran 6.000 Rpm dan torsi 108 Nm pada 4.000 Rpm. Sudah tenaganya kecil, mobil ini dipasangkan dengan transmisi Super CVT-i Automatic. Padahal Yaris TRD Sportivo versi Indonesia yang bermesin 1.500 cc sudah terasa underpowered.(Rh/Wa)