Toyota Highlander

SolusiMobil.com – Dampak dari airbag buatan takata yang merupakan produk global nampaknya belum tuntas. Pasalnya Toyota Motor di Kanada terpaksa harus melakukan recall terhadap unitnya sebanyak 33.264 unit terkait airbag buatan Takata. Jika ditambah kasus ini, jumlah mobil Toyota yang ditarik terkait airbag buatan Takata menjadi 15.314.000 unit di seluruh dunia.

 

Seperti diberitakan Dapurpacu, sejak 2013 hingga saat ini jumlah mobil Toyota yang ditarik di Kanada karena airbag Takata yang bermasalah telah mencapai 400.124 unit. Program penarikan terbaru ini merupakan bagian dari kampanye penarikan yang dilakukan oleh pabrikan asal Jepang itu di seluruh dunia.

 

Pada Rabu (2/3) pekan lalu, Toyota menyatakan telah memperluas program penarikan secara global.  Langkah itu dilakukan menyusul laporan adanya indikasi airbag Takata yang digunakan oleh mobil berpotensi mengembang berlebihan dan meledak.

 

Bahkan, seiring dengan ledakan yang terjadi, pecahan  komponen inflator airbag itu  berhamburan dan melukai penumpang dan pengemudi. Namun, tak hanya Toyota yang melakukan penarikan terkait airbag Takata yang bermasalah tersebut tapi juga sejumlah pabrikan mobil lainnya.

 

Sampai saat ini tak kurang dari 29 juta unit airbag Takata yang terdapat di 19 juta unit mobil ditarik di Amerika Serikat. Dari jumlah mobil yang ditarik itu, 3.156.000 unit di antaranya adalah mobil Toyota.