Toyota Corolla Altis Facelift 2017

SolusiMobil.com - Untuk bisa meladeni tantangan Honda Civic sebagai rival bebuyutan yang sudah ganti model, facelift Toyota Corolla Altis harus signifikan kalau tidak mau kalah telak. Facelift di interiornya mungkin cenderung standar dan biasa, tapi perubahan pada muka Corolla Altis boleh juga, lumayan agresif ketimbang versi yang sekarang beredar.

 
Tapi mengikuti regulasi yang membatasi soal emisi dan lain-lain, Toyota pun mengalah dengan mempertimbangkan mesin kecil berturbo untuk sedan mereka yang satu ini. Toyota memulainya dengan pasar China, dikutip Autonetmagz, Toyota Corolla Altis facelift akan memasuki pasar China dengan mesin seperti itu. Persisnya, adalah sebuah mesin 1.200 cc 4 silinder turbo.
 
Ini masih mesin dari silsilah keluarga Corolla, karena mengambil dari Corolla Auris yang berwujud hatchback. Selain di Toyota Corolla Altis facelift, mesin ini juga akan menghuni ruangan di balik kap mesin Toyota C-HR, crossover nyentrik dari Toyota. Jelas muncul pertanyaan, apa mesin 1.200 cc ini cukup? Mengingat mesin Honda Civic saja 1.500 cc turbo, lebih besar 300 cc.
 
Kalau melihat spek mesin Corolla Auris, mungkin bukan yang paling ambisius memang. Soalnya, tenaganya ada di kisaran 114 hp dan torsinya 185 Nm, lumayan jauh dibanding Civic yang 174 hp dan 220 Nm-an. Apa ini berarti Toyota Corolla Altis facelift kalah telak dari segi mesin? Eh, tunggu dulu, bisa jadi yang diincar bukan Civic bermesin 1.500 cc turbo, tapi yang bermesin 1.000 cc turbo, mengingat Civic bermesin imut tersebut sudah tertangkap kamera di China.