Tesla Model S

SolusiMobil.com - Setelah Model S sedan dan Model X crossover, Tesla punya model ketiga yang namanya Model 3. S untuk sedan, X untuk crossover, dan 3 untuk model ketiga. Jika masih ingat, Tesla Model 3 kemarin menerima pesanan hingga ratusan ribu mobil, padahal daftar indennya bisa sampai 2018 lho.


Tapi kelihatan kok kenapa orang-orang sangat ingin Model 3. Salah satu alasannya, karena harganya relatif terjangkau. Dengan banderol sekitar $35.000 atau sekitar 460 jutaan Rupiah, sudah dapat mobil listrik yang canggih, modelnya juga oke dan tidak malu-maluin. Dengan pencapaian ini nampaknya tesla belum puas, soalnya Elon Musk berencana membuat satu model baru lagi yang lebih murah daripada Model 3 di suatu saat nanti.

Ini demi kampanyenya untuk membuat mobil listrik bisa menjadi meledak populasinya. “Dengan mobil seperti Model 3, dia dibuat untuk kebanyakan orang yang memang sudah mampu beli mobil. Berikutnya, untuk model keempat, dan mobil yang lebih kecil, kami akan berada di posisi teratas dan semua orang akan mampu untuk membeli mobil kami,”ujar Elon Musk saat berbincang di Konferensi Solusi Transportasi di Oslo, Norwegia.

Dengan kata-kata lebih kecil, entah mobil seperti apa yang dimaksud. Ini semua masih rahasia sampai saat ini, tapi beberapa laporan mengungkapkan kalau model baru Tesla ini akan dinamai Model Y, supaya ambisi Elon Musk soal nomenklatur Tesla bisa tercapai dengan adanya model S,3,X,Y.

Kita akan lihat saja saat mobil yang lebih murah dari Model 3 ini meluncur. Jika melihat kompetisi mobil dengan energi selain BBM, konsumen di luar negeri punya banyak pilihan selain Tesla, misalnya Honda FCV, Toyota Mirai dan lain-lain.[Hs/Wa]