Logo Volkswagen

SolusiMobil.com - Volkswagen diberi tenggat waktu baru untuk menyelesaikan perbaikan terkait skandal mesin Diesel yang menimpa mereka.

 

Hakim Distrik di Amerika Serikat bersama dengan pengacara Departemen Kehakiman memberikan tenggat waktu hingga 21 April nanti kepada Volkswagen dan Badan Perlindungan Lingkungan (Environmental Protection Agency) untuk memperbaiki sekitar 580.000 unit kendaraan yang tersangkut kasus Dieselgate tersebut. Pihak terkait menyatakan bahwa telah ada kemajuan dalam proses negosiasi namun belum ada tindakan penyelesaian yang dilakukan. Ada beberapa solusi yang masih dalam pembahasan, termasuk opsi pembelian kembali oleh VW seluruh kendaraan yang terkena dampak skandal ini.
 
Berkaitan dengan opsi pembelian kembali kendaraan akan membuat VW harus mengeluarkan dana yang sangat besar, menurut analis Bloomberg, Brandon Barnes, dana yang dibutuhkan mencapai 9,4 miliar dollar atau 122 triliun rupiah. Jika pada 21 April VW dan EPA belum mencapai kesepakatan, maka hakim akan mempertimbangkan penundaan sidang. Dalam kasus ini Volkswagen dituntut karena emisi mesin diesel mereka ternyata mencapai 40 kali batas polusi yang legal di Amerika Serikat.
 
Pihak VW mengatakan bahwa "Volkswagen berkomitmen untuk mematuhi investigasi yang dilakukan terkait skandal emisi diesel dan menyelesaikannya secepat mungkin, serta bekerja keras mendapatkan kembali kepercayaan konsumen, dealer, juga publik.[ag/tm]