Suzuki Swift 2016

SolusiMobil.com – Hot hatch kecil Suzuki Swift Sport kini sudah disiapkan generasi penerusnya, sekaligus dengan Swift biasa. Sudah diketahui sebelumnya kalau Suzuki akan menanggalkan mesin 1.600 cc hi-power hi-revving milik Swift Sport sekarang dan akan menggantinya dengan mesin 1.400 cc BoosterJet turbo.


Seperti diberitakan Autonetmagz, Swift Sport akan memakai mesin 1.400 cc yang sama dengan Suzuki Vitara S, yang secara standar punya 140 hp dan 220 Nm atau bisa dibilang setara dengan Chevrolet Trax di sini, yang mesinnya juga 1.400 cc turbo. Saat dipasang di Vitara S, ia mampu berlari dari 0-100 km/jam dalam 10,2 detik dan kecepatan maksimal ada di 200 km/jam, dengan torsi yang 50 persen lebih terasa daripada mesin 1.600 cc milik Swift Sport.

Untungnya, mesin itu tidak mentah-mentah dicopot dari Vitara terus masuk ke Swift, namun dikabarkan akan ada sedikit setelan untuk meningkatkan kemampuannya. Tidak akan banyak pastinya, tapi semoga tidak malu-maluin.  Mengenai penggerak AWD, transmisi kopling ganda dan versi hybrid, semuanya masih samar, hanya mesin turbo yang bisa dikonfirmasi.

Suzuki juga amat sangat diharapkan untuk menjaga nilai jual Swift Sport yang dirasakan pada generasi sekarang dan sebelumnya : handling bagus, suspensi mantap, setir akurat dan transmisi manual yang presisi, pokoknya formula fun to drive yang bagus untuk sebuah hatchback kecil yang ruangan belakang dan bagasinya sempit ini.

Soal tampilannya pun sebenarnya sudah sering kita lihat, baik dalam bentuk spyshot maupun render. Yang Swift Sport kelihatannya lumayan keren, namun yang Swift agak butuh waktu untuk membiasakan diri dalam melihatnya. Interiornya akan penuh aksen bulat, seperti Mini Cooper. Tidak salah sih, soalnya banyak yang bilang Suzuki Swift Sport itu Japanese Mini Cooper.[Hs/Wa]