Subaru Global Platform 2016

SolusiMobil.com – Platform yang akan dipakai oleh semua varian Subaru dirancang oleh Fuji Heavy Industries Ltd. (FHI). FHI  menghadirkan platform  baru yang disebut Subaru Global Platform sebagai bakal kendaraan masa depan.

 

“Subaru Global Platform memposisikan teknologi permobilan Subaru pada level tertinggi dan menjadi langkah ke depan pada evolusi “Enjoyment and Peace of Mind”, yang memang menjadi nilai lebih kepada konsumen,” yakin FHI President Yasuyuki Yoshinaga.

 

Diproyeksikan menjadi trend kendaraan di tahun 2025 dengan menggabungkan berbagai fitur utama mengedepankan emosi berkendara akan performa dan tingkat keselamatan kelas dunia. Desain tunggal ini dimungkinkan membentuk berbagai model tidak hanya pada mesin diesel dan bensin, namun juga bisa dipasangkan model hybrid, plug-in hybrid, hingga berbagai sumber tenaga lainnya di masa depan.

 

Dikutip dari Dapurpacu, tingkat kekakuan bodi dan chassis meski ringan namun meningkat 70-100% berbanding model terdahulu dengan menitik beratkan pada distribusi bobot yang lebih rendah 5 mm. Tingkat kebisingan dan getaran diklaim mampu diredam pada bagian kemudi, lantai hingga jok. Adapun tingkat kenyamanannya pada platform baru ini dengan menempatkan langsung stabiliser belakang pada bodi membuat bodi roll berkurang hingga 50%.

 

Sistem keselamatan aktif yang bisa disejajarkan dengan sports car, ternyata keselamatan pasif juga ditingkatkan melalui kemampuan redaman chassis saat benturan meningkat 40%.