Honda Civic RS 2016

SolusiMobil.com – Honda Civic 2016 bermesin VTEC Turbo yang diluncurkan di Thailand merupakan unit rakitan pabrik Honda di Prachinburi, Thailand, dan akan diekspor ke negara lain termasuk Indonesia. Jadi sudah jelas kalau Civic 2016 jadi masuk sini, pasti dijual secara CBU Thailand. Di Negara ini Civic ditawarkan dengan 2 pilihan mesin, 1.800 cc non-turbo dan 1.500 cc turbo.

 

Seperti diberitakan Autonetmagz, khusus pasar Asean, Civic termurah bukan yang bermesin 2.000 cc seperti di Amerika, melainkan 1.800 cc yang sama seperti Civic FB sekarang yang bertenaga 141 hp dan bertorsi 174 Nm. Civic Thailand punya 4 varian, yakni 1.8 E, 1.8 EL, Turbo dan Turbo RS, tapi semuanya dipasangkan dengan transmisi CVT. Tidak ada informasi soal transmisi manual untuk Civic spek Thailand.

honda-civic-RS-2016-2

Padahal saya ingin menikmati mesin 1.500 cc turbonya yang disebut-sebut nikmat sekali, karena tenaganya bisa mencapai 173 hp dan torsinya 220 Nm, apalagi Honda global berjanji akan menyiapkan Civic Turbo dengan transmisi manual 6 percepatan. Ah sudahlah, semoga tenaga dan torsi itu bisa mengobati kekecewaan bagi yang menyayangkan penggunaan transmisi CVT, apalagi konon CVT-nya sudah berteknologi EarthDreams dan bisa dioperasikan manual via paddle shift.

 

Tidak ada yang berubah secara signifikan antara Civic Amerika dan Civic Thailand secara penampilan. Masih sama cakepnya, meski buat beberapa orang desain belakang ala fastback-nya bakal menuai debat kusir, tapi overall sangat bagus, jauh lebih bagus daripada Civic FB yang sangat standar. Kelengkapan standar Civic 1.8 E adalah lampu rem LED, DRL LED dan pelek 16 inci, tapi kalau naik sedikit ke tipe 1.8 EL, dapat ekstra lampu kabut dan handle pintu chrome.

honda-civic-2016

Untuk yang varian Turbo, ukuran peleknya naik jadi 17 inci dan diberikan knalpot ganda yang berfungsi dua-duanya, tidak pincang seperti mobil modif ABG yang kekurangan modal di mana ada 2 lubang knalpot, tapi hanya 1 yang berfungsi. Varian termahal Turbo RS kian komplit dengan lampu full LED seperti Honda CR-Z facelift, lampu kabut LED, bumper depan dan gril yang lebih sporty dan spoiler belakang. Terakhir kali kami kenal, sedan sekelasnya yang sudah punya spoiler belakang standar adalah Mitsubishi Lancer EX.

 

Semua varian Civic sudah punya keyless entry dan tombol start sebagai fasilitas bawaan, diiringi dengan hadirnya AC otomatis, setir dengan banyak tombol, rem parkir elektronik, head unit berlayar sentuh 5 inci dengan Bluetooth dan Remote Engine Start. Teknologi terakhir yang saya sebut juga ada di Accord facelift, bisa untuk menyalakan dan mematikan mobil dari jarak agak jauh. Apa ini teknologi baru tahun ini? Tidak juga sih, sebelum tahun 2000-an teknologi ini sudah ada, hanya saja memang kurang populer.

 

Interior-honda-civic-2016

 

Itu tadi standar untuk varian 1.8 E, tapi kalau naik ke tipe EL bakal ditambah dengan cruise control, headlamp otomatis, walk away auto lock (sistem yang bisa mengunci mobil saat mendeteksi remote kunci mulai menjauh dari mobil tanpa perlu pencet remote), jok pengemudi elektrik 8-way berlapis kulit, panel instrumen TFT LCD, head unit 7 inci yang sudah kompatibel dengan Apple CarPlay dan Siri Eyes Free, 8 speaker dan kamera parkir. Lumayan oke juga ya?

 

Beranjak sedikit ke yang turbo, pemiliknya nanti akan ditambahkan fitur lain berupa wiper otomatis, jok penumpang elektrik 4-way dan AC dengan dual zone climate control. Varian Turbo RS sebagai Civic termahal akan memiliki kelengkapan ekstra berupa paddle shift di setir, spion tengah dengan auto dimming, dan pedal yang lebih sporty. Untuk semua Civic, fitur safety sudah ada 2 airbags, ABS+EBD, stability control, traction control dan hill start assist, tapi hanya Civic Turbo RS yang punya 6 airbags, Honda Lane Watch dan alarm seatbelt penumpang depan.

 

Oh ya, hampir lupa, material kabin Civic Amerika adalah soft touch di kabin depan, namun di belakang adalah plastik, tapi entah material kabin Civic Thailand juga sama, lebih bagus atau lebih parah. Berikutnya, harga jual Honda Civic 2016 di Thailand dimulai dari 869.000 Baht (321,4 juta Rupiah) untuk tipe termurah hingga 1.199.000 Baht (443,4 juta Rupiah) untuk tipe Turbo RS. Nah, melalui spek Civic Thailand ini, kita jadi bisa membayangkan kira-kira spek Indonesia bakal seperti apa nanti.(Hs/Wa)