Golf GT

SolusiMobil.com - Seperti tahun 2015, Toyota Motor Corporation di semester pertama tahun 2016 kembali tergeser oleh Volkswagen Group dalam jumlah penjualan kendaraan.

 
Adapun Toyota hanya mencatatkan penjualan 4,99 juta unit ke seluruh dunia, sementara Volkswagen menorehkan angka 5,12 juta unit dengan periode yang sama untuk Januari-Juni 2016, demikian dilansir Dapurpacu. Angkanya kali ini memang turun cukup signifikan bagi Toyota yakni 0,6% berbanding tahun lalu. Sedangkan Volkswagen mengalami peningkatan mencapai 1,5% diperiode yang sama tahun lalu.
 
Turunnya penjualan Toyota ditengarai fasilitas produksi Kumamoto yang terkena gempa di kuartal kedua, sehingga menunda banyak produksi yang seharusnya mampu dicukupi sesuai kebutuhan konsumen.
 
Tapi setidaknya Toyota sudah kembali bangkit untuk mengejar ketertinggalan seperti tahun lalu. Namun itu tidak mudah, tahun lalu Volkswagen yang sudah unggul di semester awal 2015, tiba-tiba tersandung isu kecurangan bahan bakar di Amerika, meskipun tak berpengaruh di pasar Eropa dan Tiongkok.
 
Toyota merupakan manufaktur yang sudah bertahan empat tahun sebagai produsen mobil terbesar mengalahkan Volkswagen, sekaligus mengawali melewati penjualan General Motors. Namun Toyota patut waspada target manufaktur Jerman tersebut dengan mengincar tahun 2018 sebagai bakal masa keemasannya.