Dual Clutch Transmission

SolusiMobil.com - Para insinyur Honda kini tengah bekerja keras untuk mematangkan teknologi Dual Clutch Transmission (DCT) supaya dapat diterapkan di semua motor model sport Honda. Saat ini hanya beberapa model motor sport Honda yang menggunakan teknologi DCT di antaranya NC750X, Africa Twin dan VFR1200F. Sedangkan beberapa model macam Fireblade atau CBR600RR juga belum menggunakan teknologi ini.

 

Hal itu dibenarkan salah satu insinyur Honda, Kosaku Takahasi. Menurut Takahasi, yang menjadi masalah DCT memang punya ukuran dan berat yang lebih dibanding transmisi konvensional. Hal itu yang membuat tak semua motor sport Honda sesuai ditanami teknologi ini.

 

Dilansir VIVA, Kamis 24 Maret 2016, para insinyur Honda saat ini tengah bekerja keras untuk membuat teknologi ini sesuai untuk semua motor sportnya termasuk dengan usaha mengurangi berat dari transmisi dual cluth ini. Maklum saja, dengan menggunakan transmisi ini, maka beban motor akan bertambah sekitar 10 kg paling tidak untuk dua model motor sport honda, NC750X dan Africa Twin.

 

Takahasi juga menegaskan bahwa meski memiliki bobot yang lebih berat, namun motor yang menggunakan teknologi DCT mampu melesat lebih cepat karena dapat teknologi ini dapat mengurangi tenaga yang terbuang saat perpindahan gigi. (Tp/Wa)