BMW 8 Series

SolusiMobil.com - Ada beberapa unit BMW 8 Series di Indonesia, tapi jumlahnya tidak banyak. Diketahui sebagai versi 2 pintu dari 7 Series namun tetap mengedepankan rasa mewah, produksi 8 Series hanya bertahan 10 tahunan, setelah itu ia resmi pensiun, sementara rivalnya dari Mercedes Benz terus memproduksi CL-Class, yang waktu dulu adalah S-Class versi coupe, dan sekarang S-Class Coupe benar-benar dinamai… S-Class Coupe.


Waktu itu, BMW 8 Series memang merupakan sebuah mobil yang bagus, hanya saja hadir di timing yang kurang tepat. Sekitar tahun 1989-1999, cukup sedikit jumlah konsumen yang benar-benar minat dengan mobil GT mewah, malah mayoritas lebih suka versi sedan 4 pintu saja. Itulah alasannya kenapa lebih gampang cari 7 Series seken di pasar mobil bekas dibanding 8 Series seken. Lagipula, kelasnya sudah mobil hobi, pemiliknya bisa jadi sangat sayang dengan mobilnya.

Entah BMW panas melihat rivalnya atau apa, tapi mereka rupanya serius untuk membawa lagi label 8 Series ke jajaran model mereka yang sekarang. Dikutip dari Autonetmagz, BMW baru-baru ini sudah mendaftarkan nama 825, 830, 835, 850, 845, 860, M8 dan M850. Seorang narasumber dari BMW menceritakan bahwa ini bukan hanya supaya model BMW di masa depan bisa lengkap, tapi memberikan suksesor nyata bagi 8 Series E31.

Tidak hanya BMW saja sebenarnya, Audi sendiri juga ingin membuat sebuah GT mewah bernama A9, tapi belum banyak info yang bisa didapat. 8 Series baru sepertinya akan mengambil basis dari 7 Series, sebagaimana takdirnya menjadi versi pelit pintu dari 7 Series.

Untuk memberi ruang bagi 8 Series, BMW akan meracik 6 Series baru nanti supaya lebih ringkas dan fokus kepada pengemudi, sehingga menjadi amunisi yang pas saat berhadapan dengan Porsche 911, Mercedes AMG GT dan Audi R8. Mesin 8 Series bagaimana? Hmm… Mungkin sama juga dengan 7 Series, rentangnya antara 4,6,8 dan 12 silinder, tergantung trim dan varian.