Mazda RX-Vision

SolusiMobil.com - Para pecinta sportscar yang telah menunggu-nunggu hadirnya penerus Mazda RX-8 harus bersabar lebih lama, karena Mazda Motor Company memberikan pernyataan bahwa pihaknya belum akan melakukan produksi massal RX-VISION untuk beberapa tahun mendatang.

Yuji Nakemine, global director and senior managing executive officer Mazda menegaskan “tidak ada rencaa spesifik untuk memproduksi massal mobil itu,” meski diakuinya juga, “seperti sebuah mimpi membawanya ke pasar di masa depan”.

RX-VISION muncul sebagai konsep pertama kali pada Tokyo Motor Show 2015, menjadi visi masa depan model RX sebegai sportscar bermesin rotary yang terakhir kali eksis melalui RX-8. Di balik cangkangnya, RX-VISION memadukan keganasan rotary dengan teknologi hybrid.

Dikutip dari Dapurpacu, Nakemine menambahkan, Mazda akan memproduksi RX-VISION bila mampu menghasilkan untung dari penjualan model-model yang ada saat ini. Hasil keuntungan tersebut akan menjadi modal dalam pengembangan mobil bermesin rotary.

Pernyataan tersebut setidaknya berlaku untuk jangka pendek, karena awal bulan lalu Mazda baru saja mendaftarkan paten untuk rancangan mesin rotary turbo yang diyakini menyimpan tenaga sekitar 400 hp. Perayaan 1 abad Mazda di 2020 nanti juga bisa saja dirumorkan menjadi momentum kembalinya RX baru. [Whr/Wa]