Toyota New Hilux

SolusiMobil.com - Peugeot-Citroen berencana memproduksi varian pikap lagi dalam beberapa tahun mendatang. Namun untuk tujuan yang satu ini, mereka akan bekerja sama dengan pabrikan lain, yakni Toyota dan Fiat.

 

Rencana pembuatan pikap itu terungkap saat Chief Executive Officer Peugeot, Maxime Picat, berbicara di acara peluncuran Peugeot Expert dan Citroen Jumpy van di Paris, Perancis, beberapa hari lalu. Menurutnya, kehadiran pikap itu bakal menjadi kesempatan bagi pertumbuhan PSA Peugeot-Citroen di masa depan.

 

“Kami selalu mempertimbangkan pasar pikap sebagai kesempatan, itu bagian dari sejarah kami. Kami berpikir tentang hal itu. Kami memperbarui strategi grup (Peugeot-Citroen) kami pada Selasa, 5 April, dan kami akan menyebutkan mobil yang kami luncurkan. Saya akan mengungkapkan lebih banyak,” papar Picat.

 

Beberapa sumber menyebut, ada sejumlah pabrikan yang akan digandeng produsen mobil asal Prancis tersebut. Mereka antara lain, Toyota dan Fiat.

 

Maklum sebelumnya, pabrikan itu telah berkongsi dengan Toyota memproduksi MPV Proace sebagai saudara dari Jumpy dan Expert. Jika kongsi itu benar terjadi, pikap yang dibuat akan kemungkinan menggunakan basis Toyota HiLux, namun dengan desain eksterior dan kabin berbeda.

 

Sedangkan dengan Fiat telah berkerjasama dalam membuat Ducato, Boxer, dan Jumper. Peugeot-Citroen terakhir kali menggelontorkan pikap ke pasar Eropa dengan pikap 504.

 

Namun, pikap ini beredar di pasar hingga awal 1990-an. Apapun pikap anyar yang bakal diproduksi akan berhadapan dengan Ford Ranger, Nissan Navara, Mitsubishi L200, dan Volkswagen Amarok, bahkan pikap Mercedes-Benz. [Dp/Wa]