Jaguar-XKR S GT

SolusiMobil.com - Jika kita sebut satu-satu produk Jaguar, maka kita akan menemukan sedan kompak XE, sedan medium XF dan luxury sedan XJ, serta jangan lupakan mobil sport F-Type dan SUV F-Pace. Jika anda suka Jaguar sejak dulu, pasti bertanya, kok Jaguar XK tidak disebut? Soalnya XK sudah stop produksi sejak 2014 lalu, dan sebelumnya Jaguar kepikiran mau membawa lagi XK ke jalur produksi, tapi rencana itu kini kandas.


Padahal jika XK jadi dilahirkan kembali, ia bisa menjadi rival langsung dari Mercedes Benz S Class coupe di kelas coupe mewah. CEO Jaguar Land Rover Amerika Utara, Joe Eberhardt berkata bahwa inti pasar mobil mewah di mana Jaguar berada sekarang punya rentang harga tertentu, dan model-model Jaguar yang sekarang sudah menghuni rentang harga tersebut tanpa ada slot kosong.

Utamanya, karena kehadiran varian baru F-Type SVR sudah cukup membuat konsumen tergila-gila dengan karisma serta performanya, Jaguar merasa tidak perlu ada 1 coupe baru lagi untuk ditempatkan di atas F-Type SVR. Lagipula, sekarang mereka punya SUV F-Pace untuk membuat konsumen yang sedang gandrung oleh SUV punya alasan untuk membawa Jaguarnya ke jalanan yang jelek.

Jaguar Land Rover sendiri sekarang memang berusaha meningkatkan angka penjualan dulu, barulah saat penjualan membaik, mereka bisa fokus di produk baru lain yang segmennya lebih mengerucut. Di Amerika Serikat, Jaguar saja hanya bisa menjual 14.466 unit mobil di tahun 2015, dan itu jauh di bawah Audi, BMW dan Mercedes Benz. Tapi bukannya mereka diam saja, karena mereka punya amunisi baru.

Amunisi yang dimaksud adalah sebuah SUV kecil yang akan duduk di bawah F-Pace. Spesifiknya, SUV kecil ini akan berhadapan dengan BMW X1, Audi Q3 dan Mercedes Benz GLA. Tentu saja ada kemungkinan mereka minta bantuan kepada Land Rover yang lebih getol dan mampu bikin SUV, khususnya SUV kecil seperti Evoque yang terbukti banyak orang suka. [Anm/Wa]