Datsun Redi-GO

SolusiMobil.com - Datsun sedang mengembangkan mobil baru untuk mengisi segmen lain yang potensi konsumennya cukup sayang jika tidak dimanfaatkan. Datsun Redi-GO, sebuah crossover kecil yang masih berwujud konsep dan pernah mejeng di IIMS 2014, namun sekarang sudah merangkak perlahan-lahan ke jalur produksi. Di pasaran, ia akan bertemu Tata Nano dan Renault Kwid.

 

Dulu, kami menyampaikan bahwa pilihan mesin yang paling mungkin untuk Redi-GO nanti adalah 800 cc 3 silinder bertenaga 54 PS dan torsi 75 Nm dengan transmisi 5 percepatan manual dan penggerak roda depan. Mesin ini dipinjam dari Renault Kwid, dan karena tenaga dan torsinya pas-pasan (kalau tidak mau dibilang kecil), jangan harapkan performa yang berlebihan. Mobil seperti ini biasanya mengejar efisiensi.

 

Tapi kalau takut mesin 800 cc akan kedodoran, informasi dari Autocar ini mungkin bisa sedikit melegakan. Renault dan Nissan kabarnya sedang merancang mesin diesel murah baru untuk dipasang ke mobil murah mereka. Alasannya, selain karena adanya kelonggaran untuk mesin diesel kecil, hatchback bermesin diesel di India adalah mesin uang para pabrikan mobil. Mesin ini akan dicoba di platform CMF-A Renault-Nissan dulu.

 

Oh ya, spesifikasi mesin dieselnya adalah 1.000 cc 3 silinder dengan tenaga dan torsi yang belum diketahui. Namun yang pasti, transmisinya akan tetap manual 5 percepatan seperti versi bensin 800 cc. Perlu diketahui, basis transmisi Redi-GO nanti sama dengan Renault Kwid, tapi perbandingan gigi di gigi pertama dan kedua dibuat sedikit lebih rapat.

 

Harusnya Redi-GO menampakkan sosok utuhnya sekitar tahun ini jika tidak ada aral melintang, dan India akan jadi tempat debutnya. Entah kapan Redi-GO akan disebarluaskan, terutama ke negara kita yang menjadi incaran empuk untuk pasar mobil murah. [Anm/Wa]