Inteligent Rearview Mirror System

SolusiMobil.com - Original Equipment Manufacturer (OEM) Ficosa bekerjasama dengan Panasonic mengembangkan sebuah kaca spion tengah pintar. Kaca spion tengah pintar ini diberi nama Inteligent Rearview Mirror System (IRMS).

 

Kaca spion ini selain fungsi dapat berfungsi sebagai cermin juga dapat menjadi kamera belakang saat parkir. Bahkan, layar yang terbagi dua sisi ini dapat memberikan gambaran visual kondisi belakang mobil yang berbeda.

 

Kaca spion tengah pintar ini memang telah menggunakan sistem yang terintegrasi dengan sebuah kamera yang diletakkan di belakang kendaraan. Sekilas piranti ini memang sama dengan teknologi kamera parkir yang sekarang banyak digunakan produsen mobil.

 

Namun yang membuat kaca spion tengah ini terasa lebih unik, selain karena kejernihan gambar dari kamera juga karena kamera dapat diletakkan di berbagai posisi, tergantung kebutuhan.

 

Panasonic berperan dalam menyediakan layar LCD dengan resolusi tinggi sehingga dapat menghasilkan gambar jernih dan membaginya menjadi dua bagian terpisah. Bahkan cermin pada kaca spion tengah ini dapat melihat seluruh kondisi bangku penumpang.

 

Rencananya, penemuan ini akan mulai dipasarkan pada pertengahan 2016 mendatang. OEM Ficosa dan Panasonic juga berharap teknologi ini akan mulai digunakan para produsen mobil pada 2018 mendatang. [Vv/Wa]