Nissan Dayz dan Mitsubishi eK Wagon

SolusiMobil.com - Salah satu faktor yang kerap dijadikan pertimbangan oleh konsumen saat akan membeli mobil adalah mengenai konsumsi bahan bakar. Hal ini tidak mengherankan mengingat biaya yang harus dikeluarkan per bulan untuk bahan bakar cukup besar.

Hal ini membuat beberapa pabrikan mobil dan motor berlomba-lomba menghadirkan kendaraan yang irit dan efisien dalam pemakaian bahan bakar. Tidak jarang konsumsi BBM menjadi bahan untuk iklan mereka.

Bahkan, ada pabrikan yang rela melakukan manipulasi hasil konsumsi BBM agar produknya laku di pasaran. Hal ini dilakukan Volkswagen beberapa waktu lalu. Akibatnya mereka harus menanggung kerugian yang sangat besar.

Kini, dilansir dari VIVA, Kamis 21 April 2016, hal yang sama dilakukan oleh Mitsubishi. Menurut pengakuan pabrikan asal Jepang itu, pihaknya dengan sengaja memanipulasi pengujian konsumsi BBM pada produk mobil mungil buatan mereka, eK Wagon dan eK Space.

Parahnya lagi, Mitsubishi juga membuat dua model lain dengan basis yang sama seperti eK, atas permintaan Nissan. Artinya, konsumsi BBM mobil Nissan Dayz dan Dayz Rook buatan Mitsubishi juga tidak sesuai dengan yang diklaim.

Kecurangan ini ditemukan oleh pihak Nissan setelah mereka melakukan uji konsumsi BBM sendiri. Ternyata, hasilnya tidak sesuai dengan yang dijanjikan Mitsubishi.

Pasca kejadian ini, baik Nissan maupun Mitsubishi menyetop sementara penjualan produk tersebut. Mitsubishi juga segera membentuk tim yang anggotanya dari luar perusahaan untuk menyelidiki mengapa hal ini bisa terjadi.

Sementara itu, Nissan juga sibuk menghitung kerugian dan menyusun daftar ganti rugi yang harus dibayar oleh Mitsubishi.[Kw/Wa]