Nissan Navara 2016

SolusiMobil.com - Generasi terbaru Nissan Navara dan Mitsubishi Triton akan berbagi platform yang sama. Indikasi tersebut diketahui setelah Nissan resmi menjadi pemilik mayoritas saham Mitsubishi, akibat tersandung skandal kecurangan tes konsumsi bahan bakar beberapa waktu yang lalu.


Dilansir dari Dapurpacu, Carlos Ghosn, CEO Nissan-Renault mengatakan, pada dasarnya arsitektur kedua mobil tersebut serupa (pick up kabin ganda) sehingga bisa menggunakan platform yang sama. Namun, baik Navara dan Triton tetap akan dikembangkan secara terpisah.

“Sangat mungkin jika kami menggunakan platform yang sama, tapi kami mengembangkan mobil berbeda karena pelanggannya tidak sama,” kata Ghosn.

Kendati mendapat lampu hijau belum ada kepastian kapan dua model tersebut berbagi ‘rahim’. Sebab versi terbaru Navara dan Triton sudah meluncur tahun lalu. Kemungkinan terdekat baru dapat direalisasikan pada generasi mendatang.

Wacana penggunaan platform yang sama untuk Navara dan Triton muncul setelah Nissan membeli 34% saham Mitsubishi Motors Company (MMC), senilai 237 miliar Yen atau setara Rp 28,923 triliun, pada Kamis (12/5), minggu lalu.

Nissan berharap langkah ini dapat memperbaiki kondisi saham Mitsubishi yang anjlok hingga 43% di bursa saham. Terutama sejak terbongkarnya kasus penipuan hasil tes konsumsi BBM dua kendaraan Mitsubishi bulan lalu.[Gls/Wa]