Nissan March 2016

SolusiMobil.com – Nissan sedang mempersiapkan diri untuk meluncurkan generasi baru Nissan Micra (atau di Indonesia di sebut Nissan March) di ajang Paris Motor Show 2016, Oktober mendatang.  Selain menggunakan platform baru, tempat  perakitan juga berbeda dengan sebelumnya, yakni di Flin, Prancis.

 

Seperti diberitakan Dapurpacu, generasi baru March itu kedapatan tengah menjalani tes di Spanyol beberapa waktu lalu. Sejumlah sumber yang mengetahui persis jatidiri mobil itu mengatakan, gaya desainnya tak jauh berbeda dengan konsep Sway yang dipamerkan Nissan di Geneva Motor Show 2015 lalu.

 

Dari sejumlah foto hasil jepretan kamera fotografer terlihat, gagang pintu belakang menempel di pilar C, sama seperti pada Nissan Juke. Garis-garis menonjol  yang mencuatkan kesan kokoh dan dinamis, ada di bagian bodi, dan grill-nya menggunakan ciri khas March yaitu V-Motion.

 

Sedangkan  dasar platform-nya menggunakan platform CMF, yakni sebuah platform arsitektur kendaraan  baru  milik aliansi Renault-Nissan. Kabarnya, platform itu juga akan menjadi basis untuk Nissan Juke dan Renault Dacia Duster yang bakal nongol pada 2017 mendatang.

 

Sementara soal tempat perakitan baru di Flin, Prancis, disebut-sebut untuk meningkatkan persepsi mobil khususnya di mata konsumen Eropa. Sebab, dengan beralihnya tempat produksi dari Chenai, India ke Prancis tersebut kualitas produk diyakini juga bakal dinaikan.

 

Hanya, ihwal mesin yang diusung generasi baru March itu hingga kini masih misteri. Meski begitu, sejumlah informasi menyebut mobil itu bakal ditawarkan dalam dua varian yakni mesin bensin dan diesel. Untuk varian diesel, kabarnya meminjam mesin milik Renault Clio IV yang berkapasitas 1.5 liter dCi Turbo.[Car/Wa]