Nissan Kicks

SolusiMobil.com - Nissan Kicks secara resmi akhirnya meluncur di Brazil. Namun pesaing kuat Honda HR-V dan Toyota Rush ini baru dijual Agustus mendatang di Negeri Samba. Baru kemudian menyusul negara lain di Amerika Selatan.


Sesuai ‘habitat’ yang terjun di crossover segmen-B, Nissan Kicks diklaim mampu mengakomodir ‘kesibukan warga kota’ berkat dimensi kompak. Ukuran panjang 4.295 mm, lebar 1.760 mm, tinggi 1.590 mm tinggi, dan wheelbase 2.610 mm.

Elemen eksterior khas Nissan dapat dilihat mulai grille V-motion, lampu depan bumerang dan atap mengambang dengan tampilan ‘wrap-around visor.’ Lekuk samping memiliki garis tegas, berbeda dengan Juke yang lebih kalem namun futuristis.

“Aliran dinamis dan produktif, kontras dengan bentuk tubuh kuat dengan tepi yang tajam dan detail. Kami menyebutnya ini geometri emosional,” kata Mamoru Aoki, Direktur Desain Eksekutif Nissan.

Nissan mengatakan perhatian fokus untuk meningkatkan sisi aerodinamis mobil dengan mengurangi tingkat kebisingan angin. Nissan menjanjikan interior terbaik di kelasnya, lengkap dengan sistem infotainment 7-inci di konsol tengah.

Teknologi keselamatan yakni around-view monitor dan moving object detection. Empat kamera dipasang di setiap sudut (depan, belakang dan samping) untuk memperingatkan pengemudi akan bahaya potensial.

Dikutip dari Dapurpacu, Nissan belum merinci spesifikasi mesin. Kemungkinan, Kicks akan dibekali jantung 1.6-liter 4-silinder yang mampu mengeluarkan 110 Hp. Transfer daya akan dipasangkan dengan transmisi manual 5-percepatan atau gearbox CVT.

Nissan Kicks pertama kali hadir dalam versi konsep Oktober 2014. Proyek ini hasil kolaborasi antara Global Design Center di Jepang,  Nissan Design America di San Diego, dan Nissan Design America Rio (Brasil).

Kicks akan diproduksi di pabrik patokan Nissan di Aguascalientes, Meksiko, dan di Resende, Rio de Janeiro. Kabarnya selain untuk pasar Amerika Latin, mobil juga akan dijual ke lebih dari 80 negara.[Gls/Wa]