BMW Intelligent Emergency Call

SolusiMobil.com - Bukan BMW Motorrad namanya jika berhenti menelurkan teknologi baru pada line up kendaraannya. Yaitu BMW Intelligent Emergency Call, berfungsi sebagai panggilan darurat dari sepeda motor untuk mendapatkan bantuan secara cepat jika terjadi kecelakaan.


Seperti diberitakan Dapurpacu, BMW Intelligent Emergency Call dirangkai melalui modul kecil disematkan di setang sebelah kanan, mencakup speaker, mikrofon, dan tombol darurat SOS (on-off sistem). Sistem terhubung lewat jaringan komunikasi seluler melalui modul jaringan telepon yang dipasang di kendaraan.

highRes_bmw-motorrad-emergen

Sistem itu dapat diaktifkan secara manual atau otomatis yang dipicu oleh tabrakan atau jatuh, maka sistem akan otomatis mengirim pesan ke call center BMW, dan kemudian menyambungkannya ke personil tanggap darurat.

Saat mode otomatis, guna memastikan kondisi kejadian kecelakaan, BMW menanamkan sensor kalibrasi untuk membedakan apakah terjadi benturan hebat atau sekedar melewati jalan berat atau kerikil.

Fitur pintar tersebut merupakan evolusi dari sistem eCall BMW pertama kali diperkenalkan di mobil pada 1999. Sistem ini masih menjadi opsional dan belum dipasangkan secara standar pada salah satu model sepeda motor BMW. Mulai berfungsi pada 2017 di Eropa.[Rdo/Wa]