Hyundai Santa Fe 2016

SolusiMobil.com - Meski pasar Asia identik dengan mobil jenis multi purpose vehicle (MPV), namun mobil model sport utility vehicle (SUV) memang tengah ramai diminati pasar. Sehingga tidak heran jiga pasar SUV dapat menggeser pasar MPV. Dengan adanya fakta ini, Hyundai India dikabarkan membatalkan rencana pembuatan mobil MPV terbaru mereka gara-gara hal tersebut.

 

Mobil MPV yang tadinya akan diluncurkan yaitu versi produksi dari mobil konsep Hexa, yang pernah dipamerkan beberapa tahun lalu. Awalnya, Hexa akan dihadirkan sebagai penantang Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio. Namun, sejak awal 2016, penjualan dua mobil tersebut terlihat menurun. Penyebabnya tak lain karena konsumen kini cenderung memilih mobil jenis SUV.

 

Saat ini, mobil SUV sudah dirancang sedemikian rupa agar memberikan kenyamanan yang tidak kalah dengan MPV. Bahkan ada beberapa tipe yang dilengkapi dengan kursi baris ketiga, sehingga dapat menampung penumpang lebih banyak. Tampilan SUV yang gagah dan mampu melintasi medan yang bukan aspal juga menjadi daya tarik yang tidak mampu diberikan oleh MPV.

 

Hyundai juga menjadi salah satu merek yang mendapat keuntungan dari meningkatnya permintaan mobil SUV. Mobil terbaru mereka, Creta, dipesan konsumen India sebanyak 100 ribu unit, dan menunjukkan tren terus meningkat angkanya.

 

Selain Creta, Hyundai juga berencana menghadirkan SUV baru yang diberi nama Carlino. Namun sayangnya, informasi mengenai mobil tersebut hingga saat ini masih belum jelas. (Vv/Wa)