Paten mesin Honda terbaru

SolusiMobil.com - Honda mengajukan paten mesin dengan kerja stroke di silinder yang bisa diatur untuk menghasilkan kapasitas berbeda-beda.


Seperti diberitakan Dapurpacu, Dalam paten tersebut, mesin Honda memberikan variasi kerja stroke di setiap silinder, sehingga setiap silinder membentuk kapasitas berfariasi, bahkan tidak menghidupkan sejumlah silinder dalam waktu tertentu.

Artinya, jika mesin konvensional berkapasitas 2.000 cc memiliki 4-silinder dengan setiap silindernya bekerja dengan kapasitas 500 cc, maka dengan teknologi mesin terbaru, ini bisa diatur menjadi 1000 cc, 1500 cc atau 2000 cc, guna mencapai tingkat efesiensi bahan bakar terbaik.

Sistem kerjanya, dengan merubah langkah stroke sebagian ada menjadi lebih panjang (kapasitas menjadi lebih besar) atau lebih pendek (kapasitas menjadi lebih kecil).

Klaimnya, dilansir Dapurpacu, misalnya untuk mesin 4-silinder saja bisa menyesuaikan hingga 15 kombinasi berbeda. Teknologi ini disebutkan mampu bekerja dari mulai mesin 2-silinder, 3-silinder, 4-silinder segaris, hingga mesin V6.

Langkah mengatur variasi kapasitas di setiap silinder itu, sebenanrnya sudah lebih dulu dilakukan Mitsubishi dengan teknologi Mivec-Modulated Displacement dan Volkswagen dengan teknologi yang mereka sebut ACT (Active Cylinder Technology). [Rdo/Wa]

honda-patenkan-mesin-baru-2

honda-patenkan-mesin-baru-3

honda-patenkan-mesin-baru-4

honda-patenkan-mesin-baru-5