Mesin BMW dengan empat turbo

SolusiMobil.com - BMW AG membuka era baru mesin diesel di industri otomotif dengan menciptakan mesin diesel 3.0 liter disuntik empat turbo (quad-turbo), menggantikan varian diesel tri-turbo saat ini.


Selama ini mesin quad-turbo pabrikan hanya dimiliki oleh Bugatti Veyron dan itupun bermesin bensin. Dikutip dari Dapurpacu, BMW memastikan kabar ini saat 37th Vienne International Motor Symposium, di mana 750d xDrive akan menjadi model pertama yang mengadopsi mesin tersebut.

Pada mesin berkode B57 itu, setidaknya setiap unit turbo diklaim berkonstribusi hampir 100 Hp dengan total torsi 760 Nm. Keempat unit turbo akan bekerja mulai di 2000-3000 rpm untuk sajikan torsi melimpah, hasilnya 7 Series termahal bisa berakselerasi 0-100 km/jam dalam 4,5 detik.

Dua unit turbo berkompresi rendah akan mengakomodasi torsi di putaran rendah, sementara dua turbo kompresi tinggi untuk putaran atas. Selain peningkatan performa, 3.0 diesel quad-turbo juga menawarkan efisiensi bahan bakar 5 persen lebih baik, juga didukung transmisi 8HP 8-speed dari ZF.

Setelah 750d xDrive, mesin diesel quad-turbo juga direncanakan akan hadir pada model unggulan BMW lainnya seperti X5, X6 dan 5 Series. [Whr/Wa]