Mazda3 2017

SolusiMobil.com - Setelah muncul melalui brosur di Jepang, akhirnya Mazda 3 SkyActiv atau Mazda Axela diluncurkan secara resmi. Sesuai gambar yang kami bocorkan sebelumnya, wajah desain Mazda3 SkyActiv sama persis, ia memiliki grille depan lebih besar, lampu dengan tarikan garis lebih tegas, housing fog lamp baru dan penambahan body kit pada varian tertingginya mulai dari depan, samping hingga belakang agar semakin sporty dan dinamis.

 
2017-mazda3-axela-facelift-japan_02
 
Dari samping, kini Mazda3 facelift menggunakan model velg baru yang lebih jenjang dan spion yang sama dengan Mazda CX-5 facelift yang pernah kami review sebelumnya. Sedangkan dari belakang, nyaris tidak ada ubahan selain bentuk buper belakang yang berubah sedikit baik untuk model sedan dan hatchback.
 
Masuk ke dalam interior, Mazda memberikand desain setir baru yang nantinya akan menjadi setir yang sama seperti Mazda-Mazda keluaran berikutnya. Mazda memang terkenal banyak memiliki common parts dengan mobil Mazda lainnya baik dari eksterior maupun interior.
 
2017-mazda3-axela-facelift-japan_03
 
Dari bentuk dashboardnya memang tidak banyak berubah, karena bukan major change. Namun Mazda tetap memberikan tamabahan teknologi dan desain baru pada center console yang kini dibuat lebih ringkas karena penggunaan electronic parking brake.
 
Tapi kalau kita lihat-lihat lagi nih, panel MZD connect, electronic parking brake, transmisi serta panel-panel ACnya, Mazda menggunkan komponen yang sama persis seperti panel milik Mazda6 dan Mazda CX-5 facelift. Yang baru, kini Mazda memberikan Head Up Display berwarna yang terlihat seperti milik BMW, sebelumnya hanya monochrome seperti layar calculator scientific.
 
2017-mazda3-axela-facelift-japan_04
 
Untuk urusan keamanan, Mazda telah meningkatkan kemampuan Smart City Brake Support atau SCBS yang tadinya hanya bisa bekerja di kecepatan rendah, kini bisa bekerja di kecepatan hinga 80 kilometer perjam menggunakan gabungan sensor optik dan infrared.
 
Dari segi teknologi, Mazda 3 merupakan mobil pertama Mazda yang dilengkapi dengan Mazda G-Vectoring Control yang bisa mengatur penyaluran torsi mesin untuk meningkatkan keasyikan berkendara/ Menurut Mazda, teknologi ini bisa membuat kontrol mobil lebih akurat di segala kondisi untuk menghindari manuver berlebih.
 
2017-mazda3-axela-facelift-japan_05
 
Untuk pasar Jepang, seperti diberitakan Autonetmagz, Mazda Axela mendapatkan pilihan mesin hybrid, tapi mesin hybrid ini hanya tersedia pada model sedan. Kemudian yang menjadi hero engine adalah mesin 1.500 cc SkyActiv diesel bertenaga 12 Ps dan mesin diesel 2.200 cc 150 Ps.
 
Untuk mesin bensin, Mazda menghadirkan mesin 1.500 cc 100 Ps dan 120 Ps. Untuk varian mesin 2.000 cc, tenaganya membengkak hingga 165 Ps. Mazda menyediakan pilihan transmisi manual 6 percepatan dan transmisi automatic 6 percepatan. Sedangkan untuk urusan penggerak, meskipun di dominasi oleh FWD, Mazda juga menyediakan opsi AWD untuk tipe diesel 2.200 cc.