Chevrolet Trax 2013

SolusiMobil.com - Sebagai bentuk tanggung jawab dari pabrikan mobil recallpun harus dilakukan agar mobil bisa digunakan secara sempurna. Kali ini kampanye recall menimpa Chevrolet yang mengharuskan mereka untuk melakukan recall terhadap tiga model mobil mereka yaitu Spark, Sonic dan Trax yang baru meluncur di Indonesia.

 
Recall ini menurut kami sangat lucu, karena jika dibiarkan tanpa recall pun sebenarnya tidak masalah. Jadi, ketiga mobil Chevrolet tersebut memiliki masalah pada suara “chime” yang tidak berbunyi saat pengemudi tidak menggunakan seatbelt, sehingga memungkinkan pengemudi bisa menjalankan mobil tanpa terganggu suara peringatan tersebut. Tapi, gambar peringatan pemakaian sabuk pengaman tetap menyala meskipun tanpa suara.
 
Permasalahan sepele ini menjadi serius karena fitur tersebut adalah fitur wajib yang ditetapkan oleh Federal Motor Vehicle Safety Standard for “Occupant Crash Protection” dan National Highway Traffic Safety (NTHSA). Jika peringatan suara ketika tidak menggunakan seatbelt  tidak menyala, tentu saja mobil ini tidak akan lulus untuk dijual disana.
 
Recall ini menimpa pemilik Chevrolet Spark dari tahun 2013 hingga 2015, Sonic 2015 – 2016 dan Trax 2015 – 2016. Hingga saat ini Chevrolet belum memastikan berapat banyak unit yang terdampak akibat recall ini. Yang kami penasaran, apakah pemilik mobil Chevrolet yang mendapatkan peringatan tersebut akan rela membawa mobilnya ke tempat service untuk memperbaiki hal tersebut? Karena beberapa orang sangat benci dengan suara-suara mengganggu saat seatbelt tidak digunakan di dalam mobil.