Jaguar XKSS

SolusiMobil.com - Jaguar akan menghidupkan kembali legenda super car jalanan yang pernah mereka buat pada 1957, Jaguar XKSS sebagai model eksklusif. Jaguar yang akan dibangunkan dari tidur panjangnya ini hanya akan dibuat sebanyak 9 unit di dunia dengan banderol harga GBP 1 juta setara Rp 18,8 miliar.

 

Seperti diberitakan Dapurpacu, perusahaan otomotif bermarkas di Britania Raya itu menjanjikan, XKSS akan dibangun secara langsung dari tangan-tangan terampil (hand built) tim Jaguar Classic dengan spesifikasi sama persis dari model pertama 1957, di fasilitas baru ‘Experimental Shop’ di Warwick.

 

“Para teknisi dan insinyur terampil Jaguar Classic akan memastikan masing-masing dari sembilan mobil yang dibuat benar-benar otentik dan dengan kualitas tertinggi,” jelas Tim Hannig, Direktur Jaguar Land Rover Classic.

 

Bagi perusahaan, kelanjutan model XKSS menegaskan kembali komitmen Jaguar untuk memelihara semangat dan antusiasme masa lalu Jaguar, yang terkenal dengan menawarkan mobil luar biasa, layanan, suku cadang dan pengalaman.

 

XKSS, lanjut Tim Hannig, menempati tempat unik dalam sejarah Jaguar dan merupakan mobil idaman kolektor di seluruh dunia untuk sebuah eksklusivitas dan desain yang tidak perlu diragukan lagi.

 

Sejarah Jaguar XKSS

XKSS mengawali karirnya di balapan 24 hour Le Mans, dan berturut-turut memenangkan lomba pada 1955, 1956, dan 1957.

 

Setelah rekor hat-rick, pendiri Jaguar William Lyons mengambil keputusan pada 14 Januari 1957 mengonversi D-Type hingga dengan sejumlah modifikasi hingga menciptakan super car versi jalan raya pertama di dunia.

 

Mobil asli pertama diperuntukkan untuk ekspor ke Amerika Serikat, namun, hanya 16 yang selesai sebelum bencana kebakaran melanda pabrik Browns Lane. Kini, 59 tahun kemudian, Jaguar menghidupkan kembali sejarah tersebut dan membagikannya kepada kolektor dunia pada awal 2017.[Rdo/Wa]