Motor desain Lamborghini

SolusiMobil.com - Banyak orang tidak mengetahui bahwa Lamborghini pernah memproduksi sepeda motor canggih di era 1984-1985. Motor tersebut digarap Lamborghini Motorbike, divisi motor pabrikan berlogo banteng matador itu. Lamborghini tak sendiri, karena proyek tersebut digarap bersama dengan produsen sepeda motor asal Prancis, Boxer-Bikes.

Lamborghini sengaja menggandeng Boxer lantaran pabrikan itu sudah terkenal sejak tahun 1970-an memproduksi motor balap canggih di eranya. Boxer saat itu kerap menawarkan kinerja tertinggi pada produk roda dua dengan penggunaan teknologi aerospace dan rangka ultra-ringan. Demikian dilansir VIVA, Jumat, 22 April 2016.

Setelah proyek berlangsung, motor itu kemudian diberi nama Lamborghini Design 90. Desain motor ini dikatakan terinspirasi dari Lamborghini Countach 25th Anniversary yang begitu terkenal. Lamborghini Design 90 dibekali mesin 4-cam dengan empat katup per silinder. Laporan menyebutkan, motor Lamborghini ini sanggup meledakkan tenaga hingga 120 horse power.

Bicara harga, terbilang fantastis. Di eranya, motor Lamborghini Design 90 dijual dengan banderol dua kali lipat dari sepeda motor yang paling terkenal saat itu. Harga melambung tinggi karena memang dibangun sangat eksklusif, dan diproduksi sangat terbatas. Tercatat, hanya sekitar 20 unit motor yang dibangun dan dirakit istimewa di sebuah perakitan kedirgantaraan di Prancis itu.

Orang yang berada di balik terciptanya motor buas berharga fantastis tersebut yakni Claude Fior. Dia merupakan pemimpin proyek mesin motor Lamborghini. Fior diketahui baru meninggal beberapa tahun lalu.

Tak diketahui bagaimana populasi motor ini sekarang. Yang pasti, proyek hanya berjalan sekitar dua tahun.[Rs/Wa]