Lada Kalina NFR

SolusiMobil.com – Mobil Rusia? Sepertinya memang jarang sekali terdengar track record dari mobil Russia, mereka jarang sekali ber-inovasi. Namun saat ini karena jamannya adalah globalisasi sehingga dengan partnership Renault Nissan tentunya Lada mencoba memberikan penyegaran di line upnya. Sekarang pun mereka juga berani mengeluarkan hacthback dengan tampilan “lebih baik”.


Yup mobil ini dinamakan Lada Kalina, nama yang juga agak jarang terdengar di telinga kita namun mobil ini sudah ada sejak tahun 2005. Yup ini adalah supermini / city car buatan Lada. Bisa dibilang versi low level dari semua line up yang dipunya Lada dan kini sudah menginjak generasi kedua. Lada Kalina juga mempunyai kembaran dari Nissan yaitu Datsun Mi Do dan Datsun On Do.

Meski track record Lada terlihat biasa saja saat penjualan, setidaknya mereka juga ikut berkecimpung di arena balapan WTCC bersama Polestar Volvo dan Honda. Oleh karena itulah mereka ingin mencoba peruntungan membawa sensasi WTCC kepada model produksinya Lada Kalina, sehingga menjadi Lada Kalina NFR. Secara tampilan sebenarnya tidak ada yang terlalu menarik sih, modelnya spartan dengan beberapa ventilasi di kap mesin, bumper agak condong dan velg racing. Nuansa ini serupa dengan apa yang saya temukan di Toyota Etios Valco Tom’s.

Namun berbeda dengan produsen sini yang lebih suka sport hanya dengan dandan seperti sportipu dan rada sporty. Lada mencoba memberikan diferensiasi dengan menerapkan tampilan ala WTCC dengan memasukkan mesin 4-silinder naturally aspirated 1.6-liter bertenaga 134 hp @ 6800 rpm dan torsi 154 Nm @ 4750 rpm. Alhasil dengan bermodalkan gearbox manual 5-speed, Kalina NFR bisa mencetak 0-100 km/jam dalam 9.2 detik. Dia juga mempunyai topspeed 203 km/jam dan konsumsi bahan bakarnya 11 km/ liter.

Selain itu banyak juga piranti yang disediakan Lada pada Kalina NFR seperti suspensi sports, setir baru, pengereman baru dengan modal ABS – EBD, automatic headlamp, windscreen wiper, pemanas kaca, kursi semi bucket dengan pemanas, AC dan display 7-inchi dengan 4-speaker audio system. Mobil ini dihargai $12,100 alias Rp.153 juta, well ini cuma sekedar informasi saja apabila Lada meracik hot hatch, ya seperti ini hehe… Tapi bukan berarti Russia tidak ada mobil kencang, masih ada Marrusia dan A:level yang dari segi power benar-benar kencang.[Anm/Wa]